Salin Artikel

Kontingen 34 Provinsi Meriahkan Pembukaan Pesparawi Nasional XII

Kemeriahan pembukaan diawali dengan defile kontingen dari 34 provinsi se-Indonesia, dengan total peserta mencapai 7.760 orang.

Perhelatan akbar umat kristiani yang sejatinya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, berlangsung meriah dengan menampilkan tarian kolosal yang dibawakan oleh 700 penari.

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengatakan dengan bernyanyi umat kristiani selalu membuat yang terbaik dan terindah untuk Tuhan.

Bernyanyi, menurutnya memiliki makna penting sebagai sarana meningkatkan keimanan kepada Tuhan.

"Melalui menyanyi membawa dampak cinta kasih yang tulus kepada sesama," ujar Lukman, Senin malam. 

"Indonesia adalah bangsa yang beragama dan berbudaya. Keragaman kita sebagai bangsa baik keberagaman suku," tambahnya.

Lukman pun mengapresiasi pelaksanaan pembukaan tersebut.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dan kita mengapresiasi kegiatan pembukaan Pesparawi Nasional ke XII yang sangat meriah ini," ujar Lukman.

Lukman berharap, kegiatan Pesparawi Nasional tersebut bisa berlangsung sukses hingga akhir kegiatan nanti pada 3 Agustus 2018.

Pesparawi, sebut Lukman, juga sebagai media untuk melekatkan nilai persaudaraan saling menghargai dan menghormati. Sebagai umat beragama yang telah terbangun imannya, umat kristiani diharapkan terus membangun optimisme.

"Keindahan tercipta melalui harmoni dan kesatuan. Apabila tumbuh rasa persatuan dan kesatuan semua kebutuhan bangsa akan kita lewati," katanya.

Ketua Umum Pesparawi Nasional XII Karolin Margret Natasa mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik dari semua pihak untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Sebagai tuan rumah, tentu panitia akan berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik untuk semua peserta dan kontingen yang ada.

"Kami juga sangat bersyukur karena tadi pak Menteri Agama menyatakan bahwa kegiatan di sini sangat meriah dan ini tentu memberikan semangat bagi kita panitia, untuk menyukseskan kegiatan ini hingga akhir," ujar Karolin.

Rangkaian Pesparawi Nasional XII ini dimulai dengan rangkaian pembukaan pameran pada 28 Juli 2018, yang dilanjutkan dengan karnaval keliling kota Pontianak pada 29 Juli 2018.

Kegiatan utama yaitu perlombaan mulai tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2018 yang dilaksanakan di enam lokasi berbeda.

"Selanjutnya akan diadakan musyawarah nasional akan dimulai 3 Agustus 2018 untuk bentukan tuan rumah selanjutnya," tuturnya.

Mewakili Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan merasa bangga atas kehadiran para kontingen Pesta Paduan Suara Gerejawi dari seluruh Indonesia dan memberikan suasana yang damai di bumi Kalimantan.

"Sedamai makna dan lagu pujian yang akan dilombakan dalam kegiatan Pesparawi Nasional ke XII yang dilaksanakan di Pontianak ini," kata Luhut.

Perdamaian atas bumi di Indonesia ini tidak bisa lepas dari toleransi antara suku dan agama.

"Seperti harmoni yang bisa didengar dari paduan suara," katanya.

Luhut mengakatakan, saat ini pemerintah telah mendorong langkah-langkah untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik. Untuk itu, pemerintah juga berharap seluruh bangsa dapat bahu membahu membangun negara ini.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut berpesan kepada pemerintah kota Pontianak agar dapat menjadi tuan rumah yang baik. Sehingga seluruh kontingen bisa melaksanakan kegiatan dengan aman dan damai.

"Kepada seluruh peserta Pesparawi agar pujian yang kita naikkan tulus untuk memuji Tuhan. Bukan hanya untuk menjadi pemenang," pungkas Luhut.

https://regional.kompas.com/read/2018/07/31/08320021/kontingen-34-provinsi-meriahkan-pembukaan-pesparawi-nasional-xii

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke