Salin Artikel

Dibawa dari India Pakai Pesawat, Api Obor Asian Games Padam atau Menyala?

Hal ini menimbulkan pertanyaan tersendiri, bagaimana membawa api ke dalam pesawat? Apakah api obor tersebut tetap menyala atau padam sepanjang perjalanan? 

Ternyata, api obor tersebut tetap menyala sepanjang perjalanan.

Susi Susanti, atlet peraih medali emas bulutangkis Olimpiade 1992 yang bertugas membawa api obor tersebut dari India ke Yogyakarta mengatakan, tidak mudah membawa api obor yang menyala ke dalam pesawat. 

Menurut dia, memasukkan api obor ke pesawat Boeing 737 400 milik TNI AU dari India sempat mengalami kendala. 

"Proses pengambilan Api Obor Asian Games 2018 di India berjalan dengan lancar. Hanya saja ada sedikit kendala ketika akan dibawa ke Indonesia dengan menggunakan pesawat. Tetapi semua bisa teratasi," kata dia, saat jumpa pers di museum Pusat Angkatan Udara Mandala, Yogyakarta, Selasa (17/07/2018). 

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjelaskan kendala yang terjadi di India adalah saat melalui pengamanan bandara di India. 

"Di pesawat jangankan api, rokok saja tidak boleh. Tetapi kami sudah meminta izin kepada otoritas di sana dan dengan koordinasi walaupun memerlukan waktu akhirnya mendapat izin dibawa melalui pesawat," ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2018/07/17/13022401/dibawa-dari-india-pakai-pesawat-api-obor-asian-games-padam-atau-menyala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke