Salin Artikel

Menteri Luhut: Presiden Akan Tandatangani PSN Bandara Kediri

Sebelumnya, rencana pembangunan bandara di Kediri ini sempat dicoret dari daftar PSN karena persoalan ketidaklengkapan administrasi.

"Mungkin hari ini atau besok, Presiden akan tanda tangan menjadi proyek strategis nasional," ujar Luhut dalam kunjungannya ke Pesantren Lirboyo Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (16/7/2018).

Proyek bandara Kediri, sambung dia, terus berjalan dan berproses, terutama pada penyelesaian-penyelesaian hal yang bersifat teknis.

Begitupun dengan pembebasan lahan yang menurutnya membutuhkan hingga 500 hektar, hematnya akan lebih mudah penanganannya jika proyek tersebut masuk PSN.

Keberadaan bandara tersebut, sambung Luhut, akan menjawab kebutuhan transportasi massal serta dampak turunannya di Kediri dan sekitarnya.

Apalagi lapangan terbang itu mempunyai spesifikasi peruntukan pesawat berbadan lebar dan kelas internasional sehingga akan cukup mengatrol perekonomian masyarakat.

"Saya kira lain-lainnya soal teknis saja," imbuhnya. 

Sebelumnya, Bandara Kediri mulai dibangun awal 2019. Pembiayaannya dilakukan PT Gudang Garam Tbk dengan alokasi anggaran hingga Rp 10 triliun. 

https://regional.kompas.com/read/2018/07/16/20490951/menteri-luhut-presiden-akan-tandatangani-psn-bandara-kediri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke