Salin Artikel

Calon Pengganti Emil Dardak, Wakil Bupati yang Baru Berusia 28 Tahun

Saat resmi menduduki kursi Bupati Trenggalek pada Februari tahun depan, dia tercatat sebagai bupati termuda dengan usia 28 tahun.

Saat dilantik menjadi Wakil Bupati Trenggalek pada Februari 2016 lalu, dia juga tercatat dalam rekor Muri sebagai wakil bupati termuda dengan usia 25 tahun.

Rekor bupati termuda dari Jatim sebelumnya sudah pernah diraih oleh Makmun Ibnu Fuad, Bupati Bangkalan yang dilantik saat berusia 26 tahun pada 2012. Nur Arifin juga tercatat lebih muda dari Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid yang berusia 32 tahun.

"Pemuda saat ini harus menguasai pemerintahan dan harus bisa merumuskan kebijakan," kata Nur Arifin di Surabaya, Minggu (15/7/2018).

Dia enggan menyebutkan program-program yang akan dijalankannya saat resmi menjadi Bupati Trenggalek.

"Saya hanya meneruskan program Mas Emil yang sudah tersusun di rencana pembangunan daerah. Saya, kan, hanya meneruskan, bukan menggantikan," ucapnya.

Trenggalek tidak hanya menyumbang rekor bupati termuda. Emil Dardak juga akan menjadi Wakil Gubernur Jatim Wakil Gubernur Jatim termuda saat dilantik Februari 2019. Pada bulan itu, suami artis Arumi Bachsin itu berusia 35 tahun.

Dia lebih muda dari tiga wakil gubernur terpilih dari tiga provinsi lainnya di Pilkada Serentak 2018, yakni Chusnunia Chalim dari Provinsi lampung yang berusia 37 tahun, Andi Sudirman Sulaiman dari Sulawesi Selatan dan Taj Yasin dari Jawa Tengah yang masing-masing berusia 36 tahun.

Emil Dardak dan Nur Arifin memenangkan Pilkada Trenggalek pada 2015. Didukung tujuh partai koalisi, Emil-Arifin menang telak atas pasangan lawannya yang berstatus petahana dengan perolehan 292.248 suara atau sekitar 76,28 persen. 

Sementara itu, di Pilkada Jatim, pasangan Khofifah-Emil yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN, dan Nasdem unggul dalam perolehan suara dengan 10.465.218 suara (53,55 persen).

Adapun pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung koalisi PDI-P, PKB, PKS, dan Gerindra hanya memperoleh 9.076.014 suara (46,45 persen).

https://regional.kompas.com/read/2018/07/16/06300011/calon-pengganti-emil-dardak-wakil-bupati-yang-baru-berusia-28-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke