Salin Artikel

Bendera Milik Suporter Tim Perancis Picu Pemadaman Listrik Total

Kepala PT Perusahaan Listrik Negara Area Manokwari, Sulisio, mengatakan, bendera tersebut dipasang warga penggemar tim Perancis pada Piala Dunia 2018 di sebuah pohon besar di wilayah Maruni Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari.

Pada Sabtu (7/7/2018), pohon tersebut roboh dan dahan serta bendera yang masih dalam kondisi basah setelah diguyur hujan mengenai jaringan kabel PLN.

Dia menyebutkan, kabel yang tertimpa pohon tersebut merupakan jaringan utama sistem kelistrikan di daerah tersebut sehingga gangguan ini berdampak besar terhadap layanan listrik.

"Kami sudah lakukan perbaikan setelah kejadian, meskipun demikian ini cukup berdampak. Karena kami harus melakukan pemadaman total," katanya, Minggu (8/7/2018).

Menurut Sulisio, ketersediaan daya PLN cukup mampu mencukupi kebutuhan listrik di wilayah tersebut. Bahkan pada kondisi normal, pihaknya mengalami surplus hingga 9 megawatt (MW).

Pemadaman, lanjut dia, hanya terjadi jika ada kegiatan perawatan atau gangguan alam, seperti robohnya pohon yang menimpa jaringan listrik.

Dia berharap, warga yang tinggal di sekitar jaringan kabel PLN, memperhatikan pohon di halaman masing-masing.

"Sebaiknya ditebang agar tidak mengganggu jaringan atau setidaknya dahan atau ranting-ranting tidak mengganggu jaringan. Ini untuk kebaikan bersama," ungkapnya.

Sulia juga berharap, warga tidak memasang bendera atau benda apapun di pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik.

"Lagi pula ini kan berisiko bagi warga yang memasangnya. Jangan sampai tersengat listrik atau jatuh saat memasang," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/07/11/09284431/bendera-milik-suporter-tim-perancis-picu-pemadaman-listrik-total

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke