Salin Artikel

Belasan Warga Nagrak di Sukabumi Diduga Keracunan Makanan Hajatan

Belasan warga itu berasal dari Kampung Cibodas, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi yang sebelumnya sempat menyantap makanan dari hajatan tetangga, Sabtu (7/7/2018) akhir pekan lalu.

Data sementara Desa Cisarua menyebutkan, 19 warga yang dibawa ke rumah sakit terdiri dari 6 orang anak-anak dan 13 orang dewasa.

Warga mulai merasakan gejala-gejala yang sama di antaranya pusing, mual, hingga buang air besar terus menerus pada Minggu (8/7/2018) petang. Saat itu, warga menduga gejala yang dirasakan karena faktor perubahan cuaca.

"Tadi sore awalnya ada enam warga yang merasakan gejala dugaan keracunan makanan dan langsung di bawa ke Rumah Sakit Sekarwangi," kata Kepala Desa Cisarua, Kosasih saat dihubungi Kompas.com melalui telepon selularnya, Selasa malam.

Melihat ada warga yang diduga keracunan makanan, pihaknya langsung memerintahkan aparat desa, ketua RW hingga ketua RT untuk menyisir perkampungan. Bila ada warga yang sakit langsung dibawa ke rumah sakit.

"Sampai malam ini yang dibawa ke rumah sakit ada 19 warga," ujar dia yang juga sempat menyantap makanan hajatan tapi tidak merasakan gejala dugaan keracunan makanan.

"Saya juga sudah mengecek ke beberapa warga yang ikut menyantap makanan, tapi tidak apa-apa. Jadi tidak semua yang menyantap makanan mengalami dugaan keracunan," bebernya.

Saat ini, lanjut dia, tindakan yang dilakukan yaitu fokus pada penanganan warga yang mengalami gejala dugaan keracunan makanan. Dia mengatakan sudah melaporkan ke pemerintah kecamatan mengenai peristiwa yang dialami warganya.

"Kami fokus pada penanganan warga yang sakit dulu agar bisa cepat ditangani dan cepat pulih," kata Kosasih yang sedang berada di rumah sakit mendampingi warganya.

"Sementara di desa, sudah ada dua ambulans yang siaga dengan tim medisnya dari Puskesmas Nagrak," sambung dia.

Dia menambahkan, warga sudah mendapatkan penanganan medis dari para perawat di IGD RSUD Sekarwangi. Saat ini, semua warga yang diduga mengalami keracunan masih dalam observasi tim medis.

"Sudah ada empat warga, semuanya anak-anak yang sudah diperbolehkan pulang. Sementara yang lain masih diobservasi dan semoga cepat pulih," pungkas Kosasih.

https://regional.kompas.com/read/2018/07/11/05173621/belasan-warga-nagrak-di-sukabumi-diduga-keracunan-makanan-hajatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke