Salin Artikel

Rekam Jejak Irwandi Yusuf Selama Menjadi Gubernur Aceh

Nama Irwandi Yusuf bukanlah nama asing di kalangan pejabat publik di Indonesia. Di Aceh, Irwandi Yusuf adalah orang nomor satu karena saat ini ia menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022. Ini adalah kali kedua ia menjadi Gubernur Aceh setelah sebelumnya menjabat tahun 2006-2012.

Terpilihnya Irwandi Yusuf mejadi Gubernur Aceh tak lepas dari hasil kesepakatan politik antara Aceh dan Pemerintah Pusat. Penyelesaian Konflik Aceh mengantar ia menjadi gubernur dengan kendaraan partai politik lokal, yakni Partai Aceh saat menjabat tahun 2006-2012 dan Partai Nanggroe Aceh (PNA) masa jabatan 2017-2022.

Mantan Walikota Sabang periode 2006-2012 Munawar Liza Zainal mengaku bahwa sosok Irwandi Yusuf alias Tengku Agam ini, adalah sosok yang memiliki wawasan luas yang melebihi umurnya.

“Dia selalu suka bertualang dan hal-hal yang baru, begitu juga dengan pemerintahan, banyak terobosan baru yang diluncurkan Pak Irwandi yang terkadang hal ini suka memberi pemahaman lain terhadap kawan-kawan lamanya yang menyebabkan kawan lama tak masuk dalam sistem di sekitarnya, namun dia tetap memberi pemahaman kepada orang lain bahwa dia bebas melakukan terobosan dalam mengelola pemerintahan,” jelas Munawar Liza Zainal, Rabu (4/7/2018).

Bersama beraktivitas di partai politik lokal dan Gerakan Aceh Merdeka, Munawar juga memahami komitmen Irwandi dalam menjalankan pemerintahan yang bersih demi rakyat.

“Tak ingin berspekulasi, saya menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada penegak hukum dan berharap proses hukum berjalan dengan adil,” ujar Munawar Liza.

Hal lain disampaikan Koordinator masyarakat Trabsparansi Aceh (MATA) Alfian. Dia mengatakan semua pihak harus menunggu untuk status para pejabat yang tertangkap tangan KPK hingga 24 jam mendatang.

“Harus diakui OTT KPK ini adalah akumulasi tindakan korupsi yang terjadi selama ini di Aceh, dan MATA akan terus mengawal proses ini sehingga ada kepastian hukum yang dikeluarkan KPK,” jelas Alfian.

Irwandi Yusuf terpilih kembali menjadi Gubernur Aceh bersama politikus Partai Demokrat Nova Iriansyah untuk periode 2017-2022. Pada pemerintahannya Irwandi mengelontorkan Program pembangunan dengan nama program “Aceh Hebat”, dimana dalam penjabarannya ada sembilan program khusus yang menjadi penekanan bagi pemerintah daerah Aceh untuk menyejahterakan masyarakat.

Satu diantara program terobosan unggulan Irwandi Yusuf saat menjadi gubernur pada periode 2006-2012 adalah Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), dimana pemerintah memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Aceh. Dan program ini kemudian diadopsi oleh pemerintah Indonesia dengan sebutan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selama menjalankan pemerintahanan di Aceh sejak Juni 2017 hingga kini, Irwandi gencar menyuarakan upaya penghapusan fee proyek bagi pejabat pemerintahan dan pihak swasta yang mengerjakan proyek pemerintahan. 

https://regional.kompas.com/read/2018/07/04/17411911/rekam-jejak-irwandi-yusuf-selama-menjadi-gubernur-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke