Salin Artikel

PVMBG Belum Perluas Radius Bahaya Gunung Agung

Hingga kini, radius bahaya masih 4 km dari puncak gunung Agung. Hal ini setelah petugas mengamati perkembangan kegempaan (seismik) dan uji gas Gunung Agung.

"Untuk saat ini status Gunung Agung masih di level III siaga dengan zona bahaya masih direkomendasikan 4 km. Masih terus evaluasi untuk lihat perkembangan," kata Kasubid Mitigasi Bencana Geologi Indonesia Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana, Selasa (3/7/2018).

Devy menjelaskan, dari sisi pengamatan seismik belum menunjukkan adanya perkembangan signifikan. Sedangkan uji gas sedang dalam proses pengambilan sampel di lapangan.

Namun, letusan strombolian masih berpotensi terjadi. Kondisi gunung Agung sendiri belum stabil dan terus berkembang disertai erupsi pada Selasa pagi.

Hal ini disebabkan kawah yang telah terisi penuh. Bila ada gerakan magma dari bawah, letusan relatif lebih mudah terjadi.

"Erupsi seperti kemarin masih berpotensi terjadi karena saat ini kawah telah terisi lava. Kalau ada tekanan dan bisa dobrak bisa menyebabkan letusan seperti kemarin," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/07/03/13491271/pvmbg-belum-perluas-radius-bahaya-gunung-agung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke