Salin Artikel

Terseret Arus, Dua Warga Magelang Hilang di Pantai Parangtritis

Kali ini dua orang warga asal Magelang, Jawa Tengah hilang di Pantai Parangtritis, Bantul. SAR dan relawan masih mencari keduanya.

Komandan SAR Pantai Parangtritis, Ali Joko Sutanto menyampaikan, kedua wisatawan yakni Bali (13) dan Mansur (25), hilang sekitar pukul 17.15 WIB.

"Iya dua orang hilang sekitar pukul 17.15 WIB. Dua korban saat ini masih dalam proses pencarian," kata Ali saat dihubungi wartawan, Minggu (1/7/2018) malam.

Ali menjelaskan, mereka datang sebanyak 25 orang. Dari jumlah itu, ada lima orang yakni kedua korban bersama Irmawan (23), Hirom (17) masih pelajar, dan Mahmudin (35).

Kelimanya adalah satu rombongan asal Magelang, Jawa Tengah. "Lima mandi di sekitar palung dan petugas sudah mengingatkan tetapi tidak diperhatikan," ujarnya.

Korban Bali terseret gelombang. Empat orang rekannya mencoba menyelamatkan korban. Namun nahas keempatnya ikut terseret.

"Petugas SAR yang mengetahui kejadian tersebut langsung melakukan pertolongan. Namun saudara Bali dan Mansur ketika sudah dapat ditolong dengan dipegang tangannya terkena hantaman ombak dan terlepas," ungkapnya.

Saat ini petugas SAR langsung melakukan pencarian, dibantu relawan dan Basarnas.

Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto mengaku mendapatkan laporan pada pukul 19.30 WIB.

Mendapat Laporan tersebut, Kagahar Basarnas Yogyakarta Agustinus Danang merespons laporan dan melaporkan Ke Kepala Sub seksi Operasi Basarnas Yogyakarta Aditya Dwi hartanto.

Setelah mendapat Laporan, Kasubsi Operasi memerintah Kagahar mempersiapkan 1 tim rescue diberangkatkan menuju lokasi dengan membawa Peralaadityatan water rescue.

"Pukul 19.45 WIB 1 Team Rescue Basarnas Yogyakarta diberangkatkan menuju lokasi dengan menggunakan 1 unit truk personel, 1 unit rubber boat/perahu karet serta beberapa peralatan water rescue," katanya.

Ia menjelaskan, tim Rescue Basarnas Yogyakarta tiba di Pantai Parangtritis dan langsung berkoordinasi dengan DitPolair Polda DIY, Sar Linmas wilayah 3 Parangtritis dan potensi SAR yang sudah berada di Pantai Parangtritis. 

https://regional.kompas.com/read/2018/07/02/09040691/terseret-arus-dua-warga-magelang-hilang-di-pantai-parangtritis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke