Salin Artikel

Rindu Shalat Id di Masjid Baiturrahman Aceh...

Sejak pagi, warga sudah terlihat menyesaki mesjid agar bisa mendapatkan saf bagian depan. Gema takbir pun terus dilantunkan di masjid kebanggaaan masyarakat Aceh ini.

Suasana masjid yang kini semakin nyaman menjadi alasan lain bagi warga untuk memilihnya menjadi tempat shalat Id, terutama bagi para perantau yang sengaja mudik ke Aceh untuk merayakan Idul Fitri.

“Rindu shalat di sini. Jadi Lebaran ini kesempatan untuk menunaikan rasa kangen saya, apalagi bisa shalat bersama anggota keluarga," ujar Alfi, mahasiswa asal Aceh yang kini sedang belajar di sebuah perguruan tinggi di China, Jumat.

"Terus desain masjid kini lebih nyaman dan lebih menarik karena ada paying paying elektrik untuk member keteduhan, jadi lebih nyaman,” tambahnya.

Dalam khotbah, khatib mengajak jemaah untuk merayakan Idul Fitri dengan sukacita dan penuh rasa syukur karena telah berhasil melewati ujian Ramadhan sebulan penuh.

Khatib juga mengingatkan warga bahwa Ramadhan dan Syawal adalah pijakan kuat untuk menjalani kehidupan umat beragama yang menjunjung tinggi toleransi.

Usai shalat Id, warga juga melakukan ziarah ke makam massal yang terdapat di kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Makam massal ini adalah makam jenazah warga Aceh yang meninggal karena musibah gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004.

https://regional.kompas.com/read/2018/06/15/13555151/rindu-shalat-id-di-masjid-baiturrahman-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke