Salin Artikel

Mbah Rono : Tidak Usah Takut Berwisata ke Kaliurang dan Lava Tour di Lereng Merapi...

Surono atau sering dipanggil dengan Mbah Rono, pada hari Minggu (28/05/2018) mengunjungi lereng Merapi. Mbah Rono menyempatkan diri berbincang-bincang dengan warga dan relawan di Kinahrejo serta Glagaharjo. Kedatangannya ini untuk menepati janji yang pernah diucapkannya kepada masyarakat lereng Merapi.

"Saya ditagih janji oleh teman-teman relawan, katanya Mbah Rono tidak pernah membiarkan masyarakat Merapi sendiri saat Merapi meletus. Maka hari ini saya menepati janji itu," ujar Surono saat ditemui Kompas.com di Hotel Santika, Minggu (27/05/2018) malam.

Mbah Rono mengungkapkan saat mengunjungi destinasi wisata di vulcano tour Kinahrejo dan Kaliurang warga menceritakan setelah terjadi peningkatan aktivitas Gunung Merapi kunjungan wisawatan menurun. Bahkan destinasi wisata di lereng Merapi cenderung sepi.

"Saya tanya kenapa sepi, kata mereka wisatawan takut untuk datang karena terjadi letusan Merapi. Mereka mengeluh kalau seperti ini, libur lebaran bisa sepi," ungkapnya.

Menurut dia, wisatawan tidak perlu takut untuk datang menikmati keindahan alam Kaliurang maupun Vulkano tour. Status Gunung Merapi memang waspada (Level II) dan rekomendasi BPPTKG radius bahaya berada di dalam 3 Km dari Puncak Gunung Merapi. Sementara, destinasi wisata Kaliurang dan Lava Tour berada di luar radius bahaya 3 km.

"Yang mau wisata ke Yogyakarta, mau melihat Merapi, melihat Kaliurang atau Lava Tour silahkan datang, ga usah takut, Merapi indah kok, tidak bahaya," tegasnya.

Tak hanya ke destinasi wisata, Mbah Rono juga menyempatkan diri mengunjungi warga yang mengungsi di Balai Desa Glagaharjo, Sleman. Di pengungsian Mbah Rono juga berbincang -bincang dengan pada pengungsi.

"Kepengungsian, saya sampaikan sebenarnya tidak perlu mengungsi karena radius bahaya yang direkomendasikan BPPTKG kan di dalam radius 3 Km, mereka di luar radius bahaya itu. Kasihan juga orang-orang tua tidur di emperan, padahal belum masanya mengungsi," tandasnya.

Menurut Mbah Rono pasca 2010 lalu, karakter letusan Gunung Merapi akan berubah. Sehingga letusannya tidak harus di samakan dengan tahun 2010 lalu.

"Tidak setiap letusan Merapi itu sama dengan 2010. Masyarakat harus berubah mainsite-nya, tidak sama," ungkapnya

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan mengatakan seluruh pengungsi hari ini Senin (28/05/2018) sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

"Total yang mengungsi kemarin ada 40 orang di Balai Desa Glagaharjo. Tadi sudah kembali, sudah diantar kerumah masing-masing," ungkapnya. 

https://regional.kompas.com/read/2018/05/28/17104121/mbah-rono-tidak-usah-takut-berwisata-ke-kaliurang-dan-lava-tour-di-lereng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke