Salin Artikel

Polda Sumsel Sebar Anggota di Jalur Mudik Rawan Pungli

Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol M Taslim Chairuddin menjelaskan, jalur di wilayah Sumsel yang terkenal rawan berada di jalur Lintas Timur (Jalintim) Sumatera. Terutama memasuki wilayah Kayugung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Taslim mengungkapkan, dari hasil beberapa temuan, modus para pelaku pungli tersebut dengan cara memberi tanda setiap mobil bus pengangkut barang menggunakan cat di bak mobil.

“Seluruh truk yang ada capnya kita hapus, memang sengaja ditandai pelaku. Dia bikin cap itu sebagai tanda jasa pengamanan, anggota sudah disebar untuk patroli di daerah rawan setiap hari,” kata Taslim, Kamis (24/5/2018).

Polisi pun membuat dua sistem operasi pemantauan untuk memberantas aksi pungli di jalur lintas, tertutama memasuki lebaran. Sistem operasi it upun dibagi dua, yakni sistem operasi terbuka dengan menggiatkan patroli serta operasi tertutup dengan mengintai para pelaku pungli.

“Di Jalintim, Kayuagung sudah diamankan dua orang. Sementara satu orang lagi yang menjadi koordinator berhasil kabur. Modus para pelaku ini membikin jalan macet, lalu meminta uang kepada para sopir truk,” ujar Dirlantas.

Masyarakat pun diimbau untk segera membuat laporan jika menjadi korban pungli di perbatasan, sehingga petugas dapat bergerak cepat menangkap para pelaku.

“Kepada sopir truk atau siapapun yang jadi korban jangan ragu untuk melapor. Nanti kita juga sediakan pos pengamanan simpatik di jalur mudik, sebagai pemantau jalur, sehingga bisa mengurangi aksi pungli," ucap Taslim.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/24/15430981/polda-sumsel-sebar-anggota-di-jalur-mudik-rawan-pungli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke