Salin Artikel

Berkah Pilgub Jatim bagi Ibu-ibu Pelipat Kertas Surat Suara

Ibu-ibu tersebut bekerja menjadi tenaga pelipat surat suara di gudang logistik KPU Jember di Jalan Imam Bonjol, Tegal Besar, Jember. 

Dari pantauan Kompas.com, ratusan ibu-ibu tersebut bekerja dengan cekatan walaupun mungkin sebagian besar dari mereka sedang menjalankan ibadah puasa. 

Sulis (35), salah satu tenaga pelipat surat suara mengaku bersyukur mendapatkan pekerjaan tersebut sebab pada bulan Ramadhan dia mendapatkan tambahan penghasilan.

Dia adalah warga di sekitar gudang logistik KPU Jember. Dia mengaku mendapatkan informasi mengenai tenaga pelipat surat suara tersebut secara informal dari salah satu temannya, sebab KPU Jember sendiri tidak membuka lowongan. 

“Alhamdulillah, daripada nganggur dirumah, ya kan lumayan ada tambahan penghasilan,” ucapnya, Kamis (24/5/2018).

Para ibu tersebut cukup terampil dan cekatan saat melipat surat suara untuk Pilgub Jawa Timur. Para ibu tersebut rata-rata bisa menyelesaikan 2.000 lembar surat suara. 

Sulis sendiri dalam sehari bisa menyelesaikan 2.000 lembar surat suara. 

"Per lembar kami dibayar Rp 106. Ya, dalam sehari bisa dapat Rp 200.000, disyukuri untuk persiapan Hari Raya,” ungkap Sulis.

Sebelum dilakukan pelipatan, mereka diharuskan memeriksa kondisi surat suara. Jika ditemukan cacat, seperti sobek, gambar tidak jelas, maka surat suara itu harus dilainkan.

“Kalau ditemukan surat suara yang rusak, nanti dilaporkan ke mandor, kemudian dilainkan nantinya,” ucapnya.

Tenaga lainnya, Husnul Hotimah (37), mengaku sudah dua kali menjadi tenaga pelipat surat suara. Adanya Pemilu atau Pilkada selalu menjadi berkah tersendiri baginya. 

“Ini sudah kedua kalinya, kalau dulu kan tidak bertepatan dengan bulan puasa, kalau sekarang beda. Jadi, lumayan honornya untuk tambahan belanja selama Ramadhan,” katanya.

Meskipun bersamaan dengan bulan Ramadhan, para pekerja tersebut sama sekali tidak kelelahan. “Di rumah enggak ada aktivitas, kalau disini kan menghasilkan,” kata Husnul.

Proses pelipatan surat suara tersebut ditargetkan selesai dalam lima hari kedepan, dengan melibatkan sebanyak 215 pekerja.

“Total surat suara yang kami lipat sebanyak 1.858.801 lembar. Jumlah itu sudah ditambah dengan surat suara cadangan setiap TPS sebanyak 2,5 persen,” terang Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi.

Untuk jumlah TPS Pilgub di Kabupaten Jember sebanyak 4.327 TPS. Jika dibandingkan dengan pelaksanaan pemilihan bupati beberapa waktu lalu, jumlah itu berkurang sebanyak 20 TPS.

“Jadi memang jumlah TPS untuk Pilgub Jawa Timur berkurang,” tutup Hanafi. 

https://regional.kompas.com/read/2018/05/24/14581041/berkah-pilgub-jatim-bagi-ibu-ibu-pelipat-kertas-surat-suara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke