Salin Artikel

Bupati Grobogan: Ki Enthus Selalu Mengocok Perut Para Bupati

Kepribadiannya yang "nyeleneh", membuat Ki Enthus begitu berkesan bagi rekan-rekannya. Salah satunya, Bupati Grobogan, Jawa Tengah, Sri Sumarni.

Perempuan berhijab ini mengaku, selalu saja tak kuasa menahan tawa melihat perilaku dalang kondang tersebut saat dipertemukan di acara kedinasan. 

Polah tingkah Ki Enthus bisa mencairkan suasana tegang pada kegiatan formal yang dihadiri setiap kepala daerah.

"Sejak saya menjabat sebagai Bupati, saya beberapa kali bertemu dalam kegiatan Bimtek para Bupati," ungkap Sri kepada Kompas.com, Selasa (15/5/2018).

"Beliau itu orangnya lucu. Kami para Bupati sering dibuat geli karena tingkahnya. Di saat para Bupati bertanya serius, pertanyaan yang beliau ajukan justru mengocok perut kami," tambahnya.

Meski demikian, guyonan yang dilontarkan Ki Enthus, berakhir dengan pesan-pesan positif yang sarat makna. Terutama, kritik yang membangun dalam memimpin suatu daerah. 

"Walau ceplas-ceplos, Ki Enthus itu orang yang cerdas. Sebagai senior, ia sering berbagi saran yang baik dalam mengelola suatu daerah. Kalau ketemu, saya pasti dihampiri dan diberi nasehat yang baik," tutur Sri.

Bupati Tegal nonaktif, Enthus Soesmono mengembuskan napas terakhirnya di RS Soeselo, Slawi, Senin (14/5/2018), sekitar pukul 19.01 WIB.

Ki Enthus diduga meninggal karena penyakit jantung.

"Saya terkejut dan sedih begitu mendengar beliau telah meninggal dunia. Kini tak ada lagi guyonan-guyonan ala beliau yang selalu mencairkan suasana. Seperti ada yang kurang," ucapnya. 

"Selamat tinggal Ki Enthus, semoga khusnul khotimah. Saya atas nama pribadi sudah mengirimkan karangan bunga turut berbela sungkawa," pungkas Sri.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/15/15240641/bupati-grobogan-ki-enthus-selalu-mengocok-perut-para-bupati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke