Salin Artikel

Bupati Pati Kenang Ki Enthus Sebagai Sosok yang Baik dan Humoris

Dalang kondang yang akrab disapa Ki Enthus itu menghembuskan nafas terakhirnya di RS Soeselo, Slawi, pada Senin (14/5/2018) malam sekitar 19.01 WIB. Ki Enthus dikabarkan tutup usia karena dugaan sakit jantung.

"Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Kehilangan teman seperti kehilangan keluarga," kata Haryanto kepada Kompas.com, Selasa (15/5/2018).

Menurut Haryanto, Ki Enthus, ia kenang sebagai sosok yang berkepribadian baik serta humoris. Sikap dan perilaku merakyat itulah yang membuat Ki Enthus berkesan di memori Haryanto.

"Beliau itu lucu, ceplas ceplos. Kalau bicara lugas nggak tedeng aling aling. Humoris," ungkap Haryanto.

Haryanto sendiri mengaku sudah mulai mengenal dekat dengan Ki Enthus sejak tahun 1995. Kecintaan Haryanto akan kebudayaan Jawa terutama wayang kulit lah yang kemudian mempertemukan keduanya.

Saat itu karena kepiawaiannya dalam mendalang, Ki Enthus sering diundang untuk mengisi acara hajatan ke Kabupaten Pati.

"Sering manggung acara di Pati, bahkan sebelum saya menjabat Bupati Pati. Waktu saya menjabat Camat Juwana, Pati, beliau juga pernah saya undang untuk mendalang karena saya penggemar beliau. Saya pecinta budaya terutama wayang kulit, karena filosofinya bisa dijadikan panutan," pungkas Haryanto.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/15/13465541/bupati-pati-kenang-ki-enthus-sebagai-sosok-yang-baik-dan-humoris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke