Salin Artikel

Viral, Foto Mobil "Aku Ra Popo" Berselimut Abu Tebal Pasca-Erupsi Merapi

Dalam foto itu, tampak dua buah mobil, salah satunya bernomor polisi AG 1010 VB, berselimutkan abu tebal dan ada tulisan "Aku Ra Popo" di kaca depannya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, menegaskan bahwa foto itu adalah hoaks.

Menurut Sutopo, foto itu merupakan potret dampak dari erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur pada tahun 2014.

"Foto ini adalah dampak erupsi Gunung Kelud 2014. Erupsi Gunung Merapi 2018 hanya hujan abu tipis di sekitar Yogyakarta. Tidak sampai setebal ini," tutur Sutopo dalam akun Twitter miliknya, Jumat sore.

Sutopo meminta warga untuk tidak mudah percaya dan tidak ikut dalam menyebarkan foto yang tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya.

"Mohon tidak menyebarkan foto atau video menyesatkan. Kondisi masyarakat sekitar Gunung Merapi normal. Gunung Merapi juga tetap normal," katanya.

Dalam cuitan selanjutnya, Sutopo mengunggah foto yang membandingkan mobil berselimutkan abu vulkanik dalam erupsi Gunung Kelud 2014 dan dalam letusan Gunung Merapi, siang ini.

Sutopo menyebutkan pula, pasca-letusan Merapi, sempat terjadi hujan abu tipis di beberapa tempat di Kabupaten Sleman, Kulonprogo dan Kota Yogyakarta.

"Ribuan masker telah dibagikan kepada masyarakat. Tidak ada korban jiwa. Ingat abu vulkanik juga berkah yang menyebabkan tanah menjadi subur," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/11/18115581/viral-foto-mobil-aku-ra-popo-berselimut-abu-tebal-pasca-erupsi-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke