Salin Artikel

Derita Gizi Buruk, Usia 18 Tahun Bobot Hasanudin hanya 20 Kilogram

Hasanudin sebenarnya sudah berusia 18 tahun. Namun, lantaran menderita busung lapar, tubuhnya terlihat seperti anak kecil berusia 10 tahun. Meski mampu berdiri dan berjalan, tubuh Hasanudin tampak sangat rapuh dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur-tiduran.

Hasanudin sebenarnya bukan orang desa Cadasmekar, selama ini dia tinggal bersama ibunya yang bernama Emah dan ayahnya yang bernama Ujib di kampung Nagrag, Desa Sukasari, salah satu desa terpencil di Kabupaten Purwakarta.

“Saya sudah enggak sekolah, cuma sampai kelas 6 SD. Kalau bapak nelayan ikan di waduk Jatiluhur. Ibu di rumah saja,” kata Hasanudin saat ditemui langsung di rumahnya, Jumat (11/5/2018).

Ditanya soal asupan makanan sehari-hari, Hasanudin mengakui jika dirinya memang kurang memakan daging-dagingan. Setiap harinya, Hasanudin hanya memakan ikan-ikan hasil tangkapan ayahnya.

“Enggak pernah (makan daging) seringnya ikan,” ujarnya, singkat.

Sementara itu, Bayu Suryana (26), paman dari Hasanudin mengatakan, kondisi gizi buruk dan busung lapar yang diderita keponakannya baru diketahui sejak tiga tahun lalu.

Hasanudin baru satu pekan ini berada di rumah Bayu di desa Cadasmekar, dengan harapan untuk mempermudah akses pengobatan di pusat kabupaten Purwakarta.

“Sampai saat ini belum ada respon dari pemerintah. Saya bawa kesini biar bisa berobat. Soalnya kalau dari Sukasari harus nyebrang pakai perahu satu jam, kemudian ke pusat kota Purwakarta satu jam lagi perjalanan,” ucapnya.

Bayu mengatakan, Hasanudin berasal dari keluarga yang terbilang miskin di Kampung Nagrak. Karena kondisi kemiskinan tersebut, lanjutnya, asupan gizi yang diterima Hasanudin terbilang sangat kurang sejak kecil.

“Memang karena faktor ekonomi keluarga selama ini. Keluarga sih berharap ada penanganan untuk Hasanudin. Kasihan melihatnya kalau seperti ini terus,” tandasnya.

Semetara itu, Reza Rinaldi, dokter yang datang untuk memeriksa Hasanudin memastikan remaja itu menderita marasmus. Marasmus adalah satu bentuk kekurangan gizi.

Penyebabnya antara lain karena asupan makanan yang sangat kurang, infeksi, pembawaan lahir, prematuritas, penyakit pada masa neonatus serta kesehatan lingkungan.

“Jelas ini busung lapar dikarenakan malnutrisi dan kekurangan energi menahun. Seharusnya diberi asupan makanan bergizi sejak kecil,” jelasnya

Reza menambahkan, dengan usia Hasanudin saat ini, berat badan yang dimilikinya dapat dikatakan tidak sesuai untuk remaja seusianya.

“Beratnya sekarang 20 kilogram. Idealnya usia 18 tahun itu beratnya 45 sampai 50 kilogram,” ungkapnya.

Reza mengatakan, kondisi kesehatan Hasanudin bisa membaik. Syaratnya, perlu penanganan dan terapi gizi yang berkelanjutan dan tidak boleh terputus. 

https://regional.kompas.com/read/2018/05/11/14180971/derita-gizi-buruk-usia-18-tahun-bobot-hasanudin-hanya-20-kilogram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke