Salin Artikel

Mensos Idrus Marham Janji Cepat Tanggap Bencana Letusan Freatik Merapi

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Bengkulu pada Jumat (11/5/2018). 

"Bencana alam, sosial, non alam, negara harus di situ dan representasi negara adalah pemerintah. Seluruh bencana pasti dibantu. Tidak ada satupun bencana di republik ini tidak dibantu," kata Mensos Idrus Marham

Sayangnya, meski menyatakan akan cepat merespon bencana Merapi, Mensos tidak menjelaskan langkah apa yang akan dilakukan pemerintah secara spesifik.

Dia hanya mengatakan ada sejumlah tahapan bantuan dari negara yang akan diberikan secara umum jika terjadi suatu bencana.

Pertama, pada tahap awal ditangani dalam rangka tanggap darurat adalah jangan sampai korban bencana tidak makan.

Kemudian, jangan sampai mereka korban bencana kehujanan, serta jangan sampai mereka ada ada yang sakit. "Semua akan ditangani," tegasnya.

Tahap kedua, yakni tahap pemulihan korban bencana. Untuk itu, lanjut Idrus, Kementerian Sosial (Kemensos) akan bekerja sama dengan seluruh instansi pemerintah termasuk pemerintah daerah.

Letusan Freatik

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi, Jumat (11/5/2018). Erupsi terjadi sekitar pukul 07.50 WIB.

Operator Pusadalops BPDB Magelang, Kristian yang dihubungi Kompas.com menambahkan, letusan yang terjadi di Gunung Merapi adalah freatik. 

Letusan freatik yaitu letusan gas atau embusan asap dan material yang dipicu oleh tekanan gas yang berada di bawah permukaan.

"Itu letusan freatik. Untuk letusan seperti ini tidak ada wedhus gembel," kata Kristian.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/11/13441471/mensos-idrus-marham-janji-cepat-tanggap-bencana-letusan-freatik-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke