Salin Artikel

Tekan Pengangguran, Pemkot Bandung Tawarkan 4.000 Lowongan Kerja

Lowongan kerja tersebut terbuka bagi lulusan SMA sederajat, S1, S2, serta penyandang disabilitas.

Kepala Disnaker Kota Bandung, Asep Cucu Cahyadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Bandung.

Menurut data Disnaker, pada tahun 2015 angkatan kerja berjumlah 1,192 juta jiwa. Sedangkan di 2017 lalu, angka angkatan kerja naik menjadi 1,2 juta jiwa.

Angkatan kerja adalah penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.

“Tetapi selama dua tahun itu, pengangguran turun dari 107.000 jadi 102.000. Mudah-mudahan dengan program bursa kerja ini dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kota Bandung," tutur Asep, Rabu (9/5/2018).

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung, Kamalia Purbani menjelaskan, bursa kerja ini bagian dari tugas pemerintahan memfasilitasi seluruh golongan masyarakat untuk mencari mata pencaharian.

"Fungsi pemerintah salah satunya adalah memberikan pelayanan masyarakat. Job fair ini merupakan salah satu bentuk pelayanan untuk memfasilitasi siapapun yang membutuhkan pekerjaan," tuturnya.

Untuk mempermudah proses penyaluran tenaga kerja, Disnaker juga memiliki aplikasi Bandung Integrated Manpower Management Application (BIMMA). BIMMA merupakan aplikasi untuk memudahkan warga Bandung mencari kerja. Aplikasi itu sudah diluncurkan pada Agustus 2016 lalu. Ada sekitar 3.000 perusahaan yang terdaftar dalam aplikasi itu.

Kamalia berharap, para pencari kerja yang hadir di pameran bursa kerja juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari pekerjaan.

"BIMMA tinggal dioptimalkan. Mungkin bisa dilakukan simulasi penggunaan aplikasi BIMMA juga di sini," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/09/10312171/tekan-pengangguran-pemkot-bandung-tawarkan-4000-lowongan-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke