Salin Artikel

Menteri Kesehatan Resmikan 2 Puskesmas di Perbatasan Kalimantan Barat

Kedua puskesmas representatif yang dibangun di daerah perbatasan itu adalah Puskesmas Entikong dan Balai Karangan.

Menkes mengungkapkan, pembangunan puskesmas ini menggunakan anggaran DAK Afirmasi bidang kesehatan tahun 2017. 

Upaya percepatan pembangunan di daerah perbatasan, sebut Nila, merupakan salah satu fokus prioritas pembangunan kesehatan pada 2015-2019.

"Untuk mewujudkannya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI melaksanakan program pembangunan 124 puskesmas perbatasan di seluruh titik terluar Indonesia," ujar Nila dalam sambutannya saat peresmian Puskesmas Entikong dan Puskesmas Balai Karangan di Kabupaten Sanggau, Selasa (17/4/2018).

Dalam upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah perbatasan, sambung Nila, pemerintah kerap mengalami kendala, mulai kondisi geografis, SDM kesehatan, terbatasnya infrastuktur dan lain sebagainya.

"Di samping itu, isu ketimpangan pelayanan kesehatan dibandingkan dengan negara tetangga akan berpengaruh pada kredibilitas bangsa apabila tidak ditangani dengan serius," katanya.

"Daerah perbatasan yang merupakan bagian terdepan negara seharusnya menjadi etalase negara yang menampilkan wajah atau citra Indonesia yang positif, termasuk dalam bidang kesehatan," sambung Menkes.

Demi kelancaran kegiatan di puskesmas di daerah perbatasan, diperkukan pemenuhan prasarana dan alat kesehatan seperti rumah dinas dokter, pengadaan alat transportasi serta penyediaan alat pendukung pelayanan lainnya seperti generator set dan IPAL.

Menkes menyatakan bahwa ketersediaan SDM kesehatan yang mumpuni sangatlah penting untuk mengoptimalkan kinerja puskesmas di daerah perbatasan.

“Kementerian Kesehatan RI melalui Program Nusantara Sehat telah menempatkan tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan dan lainnya pada daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan (DTPK), termasuk pada kedua lokasi puskesmas ini,” ujar Nila.

https://regional.kompas.com/read/2018/04/18/14145541/menteri-kesehatan-resmikan-2-puskesmas-di-perbatasan-kalimantan-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke