Salin Artikel

Khofifah Ingatkan Pendidik untuk Memperhatikan Generasi Alfa

Hal itu dipaparkannya dalam acara yang digelar di kantor PC Muslimat NU Gresik dengan dihadiri ratusan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), dan para pengurus Muslimat NU di wilayah tersebut. 

“Untuk penguatan di lingkungan NU, maka pesan-pesan saya adalah, yang menjadi fokus layanan Muslimat NU. Gresik ini TK-nya selalu menjadi TK teladan, begitu juga PAUD-nya unggulan. Jadi pesan saya itu, untuk lebih memperhatikan generasi alfa yang lahir 2010, yang hari ini mereka sudah mulai kelas dua atau tiga SD (Sekolah Dasar),” kata dia Minggu (8/4/2018)..

Khofifah yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Muslimat NU merasa perlu mengingatkan hal itu kepada pengurus Muslimat serta para guru PAUD dan TK. Karena dalam teori generasi disebutkan, generasi alfa merupakan sebuah generasi anti sosial dan tidak suka mendengar.

“Kenapa fokus di TK dan PAUD itu penting? Sebab kalau mereka sudah remaja, teori itu kalau terbukti kan kita kelabakan. Sebab teori generasi, dalam generasi alfa itu disebutkan anti sosial dan tidak suka mendengar, jangan kemudian kita frustrasi karena salah antisipasi,” kata dia.

Ia berharap, tidak terjadi teori generasi akan adanya generasi alfa, supaya kehidupan sosial maupun politik yang sudah berlangsung baik hingga saat ini, dapat terus dilakukan dan terus ditingkatkan ke jenjang lebih baik.

Menurut dia, di Jawa Timur tingkat partisipation civil society-nya sudah luar biasa. Khififah berharap kekuatan masyarakat sipil ini tetap harus dijaga, dengan dinamika tetap harus dibangun supaya bisa menjadi partner yang produktif baik bagi pemerintah kabupaten, provinsi, serta berbagai program pemerintah pusat.

https://regional.kompas.com/read/2018/04/08/16095441/khofifah-ingatkan-pendidik-untuk-memperhatikan-generasi-alfa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke