Salin Artikel

Tak Ada Komputer dan Internet, Ratusan Siswa Tempuh UNBK ke Kota Polman

Jauhnya jarak sekolah dengan tempat ujian memaksa para siswa harus meninggalkan rumah mereka ke tempat ujian lebih pagi agar tidak terlambat ujian.

Ratusan siswa SMK Pertanian Rea Timur, Polman, ini terpaksa mengikuti UNBK di SMA Negeri I Polewali Mandar sejak Senin kemarin.

Taufiq Hidayat, salah satu siswa SMK Pertanian Rea Timur, mengaku jarak rumahnya yang jauh dari SMA Negeri I Polman membuat Taufiq harus meninggalkan rumahnya lebih pagi agar tidak terlambat mengikuti ujian.

Taufiq berharap pemerintah juga melengkapi sekolah mereka dengan fasilitas komputer yang dibutuhkan serta jaringan internet yang memadai agar siswa tak perlu jauh menumpang ujian di sekolah lain.

“Terpaksa berangkat lebih pagi ke kota karena takut terlambat ujian,” ucap Taufiq.

Di SMK Pertanian Rea Timur, terdapat 123 siswa yang mengikuti UNBK. Fasilitas komputer terbatas dan banyaknya siswa sekolah lain yang juga menumpang ujian di sekolah yang sama membuat UNBK dibagi menjadi beberapa sesi berbeda.

Tak hanya siswa SMK Pertanian Rea Timur, sejak UNBK tahun lalu siswa SMK Negeri Tapango, Kecamatan Tapango, juga menumpang UNBK di YPPP Wonomulyo, Polman, karena alasan serupa, yaitu tidak ada komputer dan jaringan internet yang menjangkau sekolah mereka.

Sementara itu, Ketua UNBK Polman, Abdul Azis Muin, berharap pemerintah bisa melengkapi fasilitas sekolahnya dengan komputer agar siswanya tidak perlu ujian ke kota.

“Siswa kami terpaksa menupang ujian ke SMA Negeri 1 Polman karena tak punya sarana yang memadai,” jelas Abdul.

Tahun ini ada empat mata pelajaran UNBK yang diujikan untuk siswa SMK, yakni pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran produktif.

Pelaksanaan UNBK sejak kemarin tidak menemui hambatan, tetapi sekolah-sekolah yang menggelar UNBK tetap menyediakan sejumlah mesin genset dan modem cadangan untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan jaringan internet atau listrik padam saat ujian berlangsung.

https://regional.kompas.com/read/2018/04/03/20094341/tak-ada-komputer-dan-internet-ratusan-siswa-tempuh-unbk-ke-kota-polman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke