Salin Artikel

Kapal Dihantam Ombak, Seorang Nelayan Tewas

Akibatnya, seorang nelayan tewas. Sedangkan 2 nelayan lainnya dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami luka setelah menghantam tebing.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto menyampaikan, dari keterangan salah seorang saksi bernama Heri, yang juga seorang nelayan darat, peristiwa terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Kejadian bermula saat tiga orang nelayan kapal Maju Jaya berangkat dari Pantai Baron untuk mencari lobster di perairan pantai selatan. Diduga karena tekong kapal terlalu menepi, kapal terhampas akibat ombak yang cukup besar dari selatan.

"Kapal dihantam ombak dan terhempas hingga menghantam tebing," ujarnya saat dihubungi kompas.com, Rabu (21/3/2018).

Ketiga nelayan tersebut yakni Sukamto (38), warga Rejosari, Desa Kemadang. Lalu Sumono (43), warga Sumuran, Desa Kemadang. Kemudian Wasidi (50), warga Wonosobo 2, Desa Banjarejo.

Ketiganya berusaha menyelamatkan diri dengan melompat dari dalam kapal. Naas bagi Wasidi. Diduga kelelahan, ia tenggelam tanpa sempat ditolong oleh kedua rekannya yang lain.

Saksi langsung melaporkan kejadian ini ke petugas SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul. Petugas pun langsung mencari dan menyelamatkan korban.

"Satu korban atas nama Wasidi tewas, petugas SAR sudah berupaya menolong tetapi dia sudah meninggal dunia," jelasnya.

Surisdiyanto mengatakan, korban langsung dievakuasi ke Pos SAR Satlinmas di Pantai Baron. Sementara dua korban selamat dilarikan ke rumah sakit. Mereka terluka akibat berbenturan dengan karang saat terombang-ambing menyelematkan diri.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul, Marjono mengatakan, jumlah personel yang membantu evakuasi korban mencapai 25 orang. Ia mengaku, beberapa hari terakhir gelombang mengalami kenaikan.

Pihaknya sudah mengimbau nelayan untuk lebih berhati-hati saat melaut. "Kami terus mengimbau kepada nelayan untuk waspada dan jangan nekat jika cuaca sedang tidak bersahabat," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/03/21/11365031/kapal-dihantam-ombak-seorang-nelayan-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke