Salin Artikel

Hendak Mencari Sampah, Nenek Pemulung Tewas Terkena Bagian Pengeruk Ekskavator

Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul Siregar mengatakan, nenek pemulung itu tewas di tempat saat akan memungut sampah yang masih bisa dijual kembali di tempat pembuangan sampah akhir, di Jalan Cilik Riwut Kilometer 14, Palangkaraya.

“Informasi sementara yang kami peroleh, nenek pemulung tewas di tempat lantaran terkena sabetan baket (bagian pengeruk) ekskavator yang sedang bekerja,” kata Timbul saat berada di rumah duka, Senin.

Ketika itu alat berat sedang bekerja. Seperti biasa, para pemulung menyerbu tumpukan sampah untuk mencari sampah plastik yang masih bisa dijual kembali.

Operator ekskavator yang sedang menumpuk sampah saat baru saja diturunkan dari truk pengangkut sampah tidak melihat bahwa ada orang di sekitar alat berat itu.

Saat operator memutar alat itu ternyata ada seorang wanita sedang mencari sampah, yang posisinya sangat dekat dengan bagian pengeruk ekskavator sehingga mengenai bagian badan nenek pemulung tersebut.

Bagian pengeruk ekskavator tersebut mengenai serta melukai nenek pemulung itu mengakibatkan nenek tersebut tewas seketika di tempat kejadian, dengan luka serius pada bagian perutnya.

“Operator alat berat ekskavator kini sudah diamankan di Polres Palangkaraya untuk dimintai keterangan,” ujar Timbul. 

Jajaran kepolisian sudah memasang garis polisi di tempat kejadian untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

Isak tangis enam orang cucu sang nenek pemulung pecah saat nenek itu tiba di rumah duka yang tidak jauh dari lokasi tempat pembuangan sampah akhir.

Nenek itu merupakan tulang punggung bagi enam orang cucunya sehingga mereka sangat kehilangan atas kepergiannya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perkim Kota Palangkaraya, Rawang, mengatakan sangat menyesalkan kejadian tersebut.

“Kami akan memperketat tempat pembuangan sampah akhir agar tidak memperbolehkan pemulung masuk ke area tumpukan sampah sehingga hal serupa tidak kembali terjadi,” ucap Rawang.

Menurut hasil otopsi, ditemukan luka serius di bagian perut nenek pemulung itu yang menyebabkan dirinya tewas di tempat kejadian perkara.

Rencananya, nenek tersebut disemayamkan di rumah duka serta akan dikebumikan pada Rabu mendatang.

https://regional.kompas.com/read/2018/03/19/18461761/hendak-mencari-sampah-nenek-pemulung-tewas-terkena-bagian-pengeruk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke