Salin Artikel

Survei "Kompas": Meski Unggul, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi Punya "Swing Voters" Lebih Banyak

Pada pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, sebanyak 11 persen memiliki kecenderungan untuk beralih dukungan.

Mayoritas, kecenderungan pemilih pasangan calon 2DM yang berpotensi beralih ini pun tertuju pada pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul.

Oleh karena itu, potensi peralihan suara itu bisa memperbesar peluang bagi pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul untuk secara signifikan menjadi pemenang pilkada.

Sementara itu, jika ditelusuri berdasarkan kadar loyalitas dari pemilih setiap pasangan, pemilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul tergolong solid.

Hanya sekitar 9 persen dari responden pemilih pasangan itu yang punya kecenderungan berpindah pilihan. Mayoritas konsisten pada pilihannya dan terindikasi sebagai strong voter.

Laporan lengkap survei ini bisa dibaca di harian Kompas yang terbit pada hari ini, Rabu (14/3/2018) berjudul: Ujian Loyalitas Partai Kader.

Hasil survei Kompas menyebutkan, elektabilitas pasangan Deddy-Dedi mencapai 42,8 persen suara. Mereka unggul atas pasangan Rindu yang memperoleh 39,9 persen, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dengan 7,8 persen suara dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) 3,1 persen.

Adapun 6,4 persen responden tidak menjawab atau rahasia.

Mereka yang menjawab ”rahasia” atau ”belum menentukan pilihan” ini, cenderung lebih banyak menjatuhkan pilihan kepada Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dibandingkan dengan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul atau kedua pasangan lain pada saat menggunakan model simulasi surat suara tertutup.

*Simak selengkapnya artikel yang ditulis Bestian Nainggolan/Litbang Kompas berjudul  Ujian Loyalitas Partai Kader yang diterbitkan di harian Kompas hari Rabu (14/3/2018). Anda juga bisa menyimak berita ini di Kompas.id.

https://regional.kompas.com/read/2018/03/14/11320951/survei-kompas-meski-unggul-deddy-mizwar-dedi-mulyadi-punya-swing-voters

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke