Salin Artikel

Elektabilitas Beda Tipis dengan Khofifah, Gus Ipul Bilang Alhamdulillah

Hasil survei menunjukkan, selisih tingkat keterpilihan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak dengan pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno amat tipis, yaitu hanya 0,5 persen.

Khofifah-Emil memperoleh elektabilitas 44,5 persen, sedangkan Saifullah-Puti 44,0 persen. Dengan demikian, persaingan kedua pasangan calon kian ketat.

Gus Ipul bersyukur karena ternyata banyak masyarakat Jawa Timur yang mendukungnya jelang Pilkada Jatim.

"Alhamdulillah banyak masyarakat yang mendukung dan memercayai kami, saya dan Mbak Puti," katanya dikonfirmasi pada Senin malam.

Dia tidak begitu mempermasalahkan selisih angka di survei elektabilitas tersebut karena, menurut dia, angka tersebut masih di level margin of error.

Gus Ipul akan menjadikan hasil survei tersebut sebagai dasar timnya bekerja lebih keras menyapa dan menyerap aspirasi pemilih untuk Jawa Timur lebih baik.

"Berangkat dari survei itu, kami akan lebih bekerja keras untuk bersosialisasi dan menyapa warga Jawa Timur," ucapnya.

Survei Kompas menyebutkan, tipisnya selisih tingkat keterpilihan ini diperkirakan karena kedua pasangan calon memiliki basis massa yang sama, yaitu warga Nahdlatul Ulama (NU).

Dengan perhitungan toleransi kesalahan pengambilan sampel penelitian (sampling error) +/- 3,46 persen, Kompas mencatat, selisih tipis ini masih membuka kemungkinan besar keduanya menang.  

Pemilihan gubernur tahun ini sama-sama merupakan pemilihan kali ketiga yang diikuti Khofifah dan Gus Ipul. Pada Pilkada 2008 dan 2013, Khofifah menjadi calon gubernur, sedangkan Saifullah menjadi calon wakil gubernur. Tahun ini, mereka sama-sama maju sebagai calon gubernur.

https://regional.kompas.com/read/2018/03/13/08524381/elektabilitas-beda-tipis-dengan-khofifah-gus-ipul-bilang-alhamdulillah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke