Salin Artikel

Viral Foto Kucing Digantung gara-gara Curi Ayam Goreng, Hoaks atau Fakta?

Unggahan foto itu memperlihatkan kucing warna putih dalam posisi menempel pada tembok. Posisinya menggantung dengan kedua kaki depan terikat tali ke atas.

Foto yang beredar itu diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Bobby Dejochame Fams X Jr. dengan keterangan tempat di Kediri, Jawa Timur.

Pada foto itu tertulis keterangan "Ternyata ini dia pencuri ayam". Ada pula keterangan bahwa foto itu diunggah pada September 2017.

Sementara itu, ketika hendak konfirmasi, akun tersebut sudah tidak terdaftar di Facebook.

Meski demikian, para pencinta kucing yang bergerak melakukan penelusuran, sudah mendapatkan informasi awal soal siapa pemilik akun tersebut. Pemiliknya adalah seorang pelajar SMP yang tinggal di Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri.

"Cuman, kami belum ke sana (rumah pemilik akun), besok rencananya kami ke sana," ujar Radityo Nugroho, aktivis pecinta kucing dari Kediri Cat Lovers, Jumat (2/2/2018).

Radit menambahkan, dia juga mendapati kabar bahwa pemilik akun bukan merupakan pelaku pengunggah foto tersebut, melainkan temannya yang sedang bertandang ke rumahnya.

"Untuk kronologi pastinya, kami belum tahu. Fokus kami pada kucingnya aja," tambah Radityo.

Sementara itu, Putra Agung Wardana, seorang aktivis pencinta kucing dari Jombang Cat Community, mengatakan, kucing tersebut saat ini dalam kondisi baik-baik saja. Bahkan telah beranak pinak.

"Alhamdulillah kucingnya sehat dan sudah beranak 2 ekor," ujar Wardana, Jumat.

Kebetulan wilayah Kunjang merupakan perbatasan antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang sehingga lebih mudah diakses dari Jombang.

Pemilik akun tersebut adalah seorang pelajar SMP dan kucing itu merupakan kucing domestik yang dipelihara keluarganya.

Sementara itu, soal kronologi penyiksaan maupun identitas pemilik akun yang mengunggah, Wardana enggan mengungkapnya dan menegaskan fokusnya pada penyelamatan kucing. Dia hanya mengungkap sedikit soal ayam yang dimakan kucing itu.

"Ayam yang dimaksud adalah ayam goreng," pungkasnya.

Wardana kembali menegaskan, kedatangan rombongannya itu murni karena kepeduliannya terhadap kucing sehingga fokusnya hanya pada kucing tersebut dan tentu mengedukasi pemilik akun.

Soal langkah-langkah hukum terhadap pemilik akun, dia mengaku tidak akan melakukannya karena beberapa hal, misalnya karena pelaku yang masih di bawah umur hingga kondisi keluarga pemilik akun yang cukup sederhana.

Selain itu, kondisi kucing yang sempat ramai dibicarakan di dunia maya tersebut saat ini juga dalam kondisi baik dan sehat serta tetap dipelihara oleh pemilik akun dan keluarganya.

"Kami masih punya perasaan. Jadi kami dan teman itu sepakat menyelesaikan secara kekeluargaan saja," ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2018/03/03/12414801/viral-foto-kucing-digantung-gara-gara-curi-ayam-goreng-hoaks-atau-fakta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke