Salin Artikel

Saat Gerhana Bulan Total, Bandung Diperkirakan Berawan

"Prakiraan cuaca saat gerhana bulan 31 Januari 2018. Cuaca malam hingga dini hari berawan hingga hujan ringan," kata Tony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (31/1/2018).

Secara umum, terdapat tekanan rendah di Samudra Hindia barat daya Banten dan Australia serta kelembaban udara yang tinggi di atas ketinggian 1 km (850 mb) di wilayah Jawa bagian barat. Hal itu mendukung pertumbuhan awan yang menyebabkan peluang terbentuknya awan hujan di Jawa Barat, termasuk Bandung dan sekitarnya.

Umumnya, pada malam hari berawan dan dini hari hujan ringan. Rata-rata suhu udara berkisar minimal 20,2-26,5 derajat celsius. Untuk arah angin pada umumnya dari barat dengan kecepatan 5-17 km per jam. Sementara kelembaban udara berkisar 49-90 persen.

Meski berawan, Toni memperkirakan adanya celah untuk melihat gerhana bulan total di balik awan. "Tetap ada kemungkinan terlihat gerhana bulan. Sebab, saat cuaca berawan, awan tidak menutup merata seluruh bagian langit," ujar Tony. 

Adapun untuk wilayah Jawa Barat secara keseluruhan, Toni memperkirakan, cuaca dominan berawan. "Kalau melihat trennya, se-Jabar dominan berawan, tetapi tetap ada peluang di antara celah-celah awan terlihat gerhana bulan," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/01/31/11180571/saat-gerhana-bulan-total-bandung-diperkirakan-berawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke