Salin Artikel

Peneliti Burung Asal Amerika Kaget Jumpai 3 Jenis Trinil di Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.com – Erick Gulson, peneliti burung dari Amerika Serikat, mengaku gembira saat kali pertama ia melihat tiga jenis burung air di Danau Limboto, Gorontalo.

Ketiga burung yang dijumpai ini adalah trinil rawa (Tringa stagnatilis), trinil semak (Tringa glareola), dan trinil rumbai (Philomachus pugnax).

“Banyak sekali burung di pinggir Danau Limboto. Ini pertama kali saya melihat tiga jenis burung,” kata Erick Gulson, Jumat (26/1/2018).

Bersama temannya, Ian Morse, ia mengunjungi danau itu untuk melakukan pengamatan burung (birdwatching). Dalam pengamatan ini, Erick mendatangi dua lokasi di tambatan perahu Desa Hutadaa dan di Lupoyo.

“Ini kejutan bagi saya yang baru datang di Gorontalo,” ungkap Erick.

Ketiga jenis trinil ini merupakan burung air migran yang datang dari belahan dunia utara. Mereka bermigrasi ke arah selatan karena habitat berbiaknya mengalami musim dingin.

Trinil rumbai dikenal berbiak di Eropa barat-laut dan Siberia. Saat musim dingin, burung ini bermigrasi ke belahan bumi bagian selatan.

Sementara itu, Head of Programme Wetlands International Indonesia Yus Rusila Noor mengapresiasi partisipasi individu dalam mengamati dan meneliti burung air.

Data birdwatching yang dikumpulkan di lahan basah menjadi informasi yang penting dalam kegiatan Asian Waterbird Census (AWC).

“Tidak hanya menghitung burung air, AWC juga mengidentifikasi ancaman kelangsungan mereka,” ucap Yus Rusila Noor.

https://regional.kompas.com/read/2018/01/26/20022991/peneliti-burung-asal-amerika-kaget-jumpai-3-jenis-trinil-di-gorontalo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke