Salin Artikel

14 Paslon Pilkada dari 5 Daerah di Jatim Jalani Tes Psikologis hingga Narkoba

Pemeriksaan terdiri dari tes psikologis, psikiatri, tes narkoba, jantung, dan paru-paru. Selain itu, ada juga pemeriksaan telinga hidung tenggorokan (THT) dan mata.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Jawa Timur I Wayan Agung Indrawan mengatakan, peserta sebanyak itu dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari pasangan balon Pilkada Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Sementara itu, kelompok kedua terdiri dari pasangan balon Pilkada Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lumajang.

"Hari ini, kelompok A mengikuti ujian psikologis dan psikiatri. Untuk kelompok B mengikuti tes fisik mulai dari pemeriksaan laboratorium, narkoba, jantung, pemeriksaan telinga hidung tenggorokan (THT), pemeriksaan mata, paru-paru sampai pada treadmil. Besok berganti," kata Wayan.

Ada 40 dokter spesialis yang ditugaskan untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan itu. Selain itu, ada juga petugas dari Himpunan Psikologi Indonesia dan Badan Narkotika Nasonal (BNN).

"Tes psikologis oleh tim Himpunan Psikologi Indonesia. Untuk pemeriksaan narkoba oleh BNN. Menjadi satu tim di bawah ketua saya," ungkap Wayan.

Setelah pemeriksaan selesai dilakukan, hasilnya akan dibahas dalam rapat pleno pada Senin (15/1/2018). Selanjutnya, hasil itu akan dikirim ke KPU setempat.

"Tanggal 15 pleno. Kalau selesai, sore dikirim ke KPU. Selambat-lambatnya tanggal 16 dikirim ke KPU sesuai jadwal," ujarnya.

Untuk diketahui, Pilkada Kota Malang diikuti oleh tiga pasangan balon, yakni M Anton-Syamsul Mahmud (ASIK), Ya'qud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi (MENAWAN), dan Sutiaji-Sofyan Edy Jarwoko (SAE).

Adapun Pilkada Kabupaten Pasuruan hanya diikuti oleh satu pasangan, yakni HM Irsyad Yusuf-KH Mujib Imron. Sedangkan Pilkada Kabupaten Lumajang diikuti oleh tiga pasangan, yakni H Thoriqul Haq-Hj Indah Amperawati, H As'at Malik-H Thoriq, dan H Rofik-Nurul Huda.

Sementara Pilkada Kabupaten Bondowoso diikuti oleh dua pasangan, yakni Ahmad Dhafir-Hidayat dan Salwa Arifin-Irwan Bachtiar Rachmat. Terakhir, untuk Pilkada Kota Probolinggo diikuti oleh lima pasangan, yaitu Fernanda-Zulfikar, Habib Hadi-Subri, Samsu Alam-Kulup, Wito-Ferry, dan Sukirman-Abd Aziz.

https://regional.kompas.com/read/2018/01/11/14333651/14-paslon-pilkada-dari-5-daerah-di-jatim-jalani-tes-psikologis-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke