Salin Artikel

Ganjar Berharap PKB dan Golkar Segera Putuskan Dukung Dirinya pada Pilkada Jateng

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Golkar segera merealisasikan dukungan kepadanya pada Pilkada Jateng. Dua partai itu dikabarkan merapat, tetapi masih belum memberikan surat rekomendasi.

Ganjar maju untuk periode kedua berpasangan dengan politisi muda PPP, Taj Yasin.

"Yang sudah menguat Golkar. Dengan PKB masih komunikasi. Saya berharap masih bisa bergabung," kata Ganjar, Senin (8/1/2018) malam.

Menurut dia, dua partai itu sudah intens berkomunikasi. Golkar di tingkat wilayah bahkan sudah setuju, tetapi masih menunggu arahan dari DPP Golkar di Jakarta.

"Dua parpol akan merapat ke kami, lagi menunggu DPP," katanya.

Paslon Ganjar-Taj Yasin berharap sebelum pendaftaran, dua partai itu dapat merealisasikan dukungannya. Menurut rencana, siang ini keduanya bakal mendaftar di KPU Jateng pukul 14.00.

Sejauh ini, paslon yang ditetapkan pada Minggu (7/1/2018) itu telah didukung empat partai. Selain PDI-P yang mempunyai 27 kursi, Ganjar-Yasin juga didukung Nasdem 4 kursi, PPP 8 kursi, dan Demokrat 9 kursi. Total kursi yang diraih 48 kursi. 

Sementara bakal calon Sudirman Said didukung koalisi Gerindra, PAN, dan PKS yang mempunyai 29 kursi.

Hanya PKB yang mempunyai 13 kursi dan Golkar 10 kursi yang belum menentukan arah koalisi. Jika nantinya kedua partai itu mendukung paslon Ganjar-Yasin, dukungan untuk petahana bertambah menjadi 71 kursi.

https://regional.kompas.com/read/2018/01/09/09120061/ganjar-berharap-pkb-dan-golkar-segera-putuskan-dukung-dirinya-pada-pilkada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke