Salin Artikel

Puncak Arus Libur Natal Diprediksi Malam Ini hingga Besok

Asisten Operasi Polri (Asops) Irjen Pol Muhammad Iriawan mengatakan, berdasarkan pantauan di beberapa titik di Jawa Barat hingga Jumat (22/12/2017) sore, arus lalu lintas masih lancar. Peningkatan arus kendaraan baru 10 persen. 

"Arus masih normal, peningkatan memang ada, baru 10 persen. Di penyeberangan Merak-Bakauheuni juga masih landai, ada peningkatan hanya 10 persen," jelasnya seusai meninjau pos pengamanan Polres Garut di jalur Limbangan.

Menurut Iriawan, pemantauan kesiapan operasi lilin akan terus dilakukan Mabes Polri hingga kawasan Jawa Tengah. 

Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Royke Lumowa mengungkapkan, pada puncak arus liburan Natal jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui jalur Pantura lewat Tol Cikampek, jumlahnya diperkirakan mencapai 103.000 kendaraan.

"Jadi dibanding hari-hari biasa peningkatannya mencapai 30 persen," tuturnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan, sambung Royke, semua kegiatan perbaikan jalan dihentikan sementara. Termasuk operasi mobil-mobil truk dengan sumbu lebih dari tiga mulai hari ini hingga besok dihentikan sementara, keculi untuk mobil pengangkut sembako.

"Kalau di wilayah Polda Jabar ada tambahan, ada kebijakan lokal sampai tanggal 26, ditambah sampai nanti Tahun Baru," jelasnya.

Adapun titik-titik kemacetan dari hasil pemetaan yang dilakukan di antaranya berada di gerbang tol Cikarang Utama, Brebes Exit dan Puncak. Sementara untuk Tahun Baru kemacetan diprediksi terjadi di tempat-tempat wisata.

"Untuk macet akibat banjir di Kahatex, kita siapkan antisipasi dengan pengalihan arus kendaraan. Selain itu kita siapkan pompa-pompa penyedot air dari PUPR, mudah-mudahan tidak ada banjir," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/12/22/18183161/puncak-arus-libur-natal-diprediksi-malam-ini-hingga-besok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke