Salin Artikel

Survei: Jika Tak Ada Nama Aa Gym, Uu Ruzhanul Dinilai Paling Tepat Dampingi Ridwan Kamil

Direktur eLSID Dedi Barnadi mengatakan, dalam survei itu, responden diajukan dua simulasi tentang calon wakil gubernur yang pantas mendampingi Ridwan Kamil dengan skema pertama lima nama.

Hasilnya, dai kondang Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dianggap menjadi yang paling pantas menurut 22,8 persen responden.

Di urutan dua dan tiga terdapat nama Uu Ruzhanul Ulum 19,8 persen dan Daniel Mutaqien 12,3 persen. Sedangkan responden yang tidak menjawab sebanyak 23 persen.

Skema kedua, saat nama Aa Gym tidak diajukan sebagai calon wakil, Uu Ruzhanul Ulum berada di urutan teratas. Sebanyak 23,8 persen responden menilai Bupati Tasikmalaya itu sebagai sosok yang paling tepat menjadi pasangan Ridwan Kamil.

Penilaian responden terhadap Uu ini jauh melebihi pesaing terdekatnya yakni Daniel Mutaqien yang hanya dinilai pantas oleh 14,9 persen responden.

Dedi menjelaskan, saat nama Aa Gym dihilangkan responden yang asalnya memilih dai tersebut beralih ke Uu dan sebagiannya belum mau menjawab. Ini terlihat dari adanya peningkatan pada presentase pemilih Uu dan yang belum menjawab.

"Saat ada Aa Gym, Uu dinilai pantas oleh 19,8 persen responden. Saat nama Aa Gym enggak ada, jadi 23,8 persen," jelas Dedi di Bandung, Minggu (17/12/2017).

Dedi menambahkan, saat nama Aa Gym dihilangkan, responden yang tidak memilih meningkat dari 25 persen, menjadi 34,4 persen. Menurut dia, dalam simulasi kedua pihaknya sengaja menghilangkan nama Aa Gym karena pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu kecil kemungkinan terjun ke ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

"Sekarang kan partai pengusung Ridwan Kamil sudah punya calon, dan itu bukan Aa Gym," imbuhnya.

Responden, kata Dedi, memiliki beberapa alasan utama sehingga menilai Uu sebagai sosok yang paling pantas untuk menjadi pendamping Ridwan Kamil.

"Kami juga sudah melakukan survei juga dengan mewawancara 45 tokoh Jawa Barat. Hasilnya, Uu dinilai identik sebagai sosok yang berpengalaman di pemerintahan. Saat kami menyebut nama Uu, yang pertama diketahui oleh responden itu ya Bupati Tasikmalaya dan santri,” bebernya.

Survei dilakukan pada 30 November hingga 8 Desember 2017 terhadap 630 responden yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

Penilaian ini berbeda saat nama Daniel Mutaqien diajukan kepada responden. Mereka lebih mengenal Daniel sebagai putra Bupati Indramayu serta tokoh kepemudaan.

Lebih lanjut Dedi katakan, adanya harapan terhadap sosok berpengalaman yang juga kental dengan pesantren ini tercermin dalam survei tersebut. Saat ditanya pertimbangan apa dalam memilih, 22,7 persen responden menjawab pemimpin harus mampu mengatasi persoalan ekonomi.

"Lalu pertimbangan lainnya yaitu harus jujur 11,5 persen berpihak ke masyarakat 10,8 persen dan faktor keagamaan 10,5 persen,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/12/17/20150401/survei-jika-tak-ada-nama-aa-gym-uu-ruzhanul-dinilai-paling-tepat-dampingi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke