Salin Artikel

Kunjungi Puskesmas Garuda Bandung, Menteri Kesehatan Terkejut

Nila datang didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar.

Setiba di lokasi acara, Nila terkejut dengan kondisi bangunan Puskesmas yang lebih menyerupai rumah sakit.

Puskesmas Garuda merupakan salah satu Puskesmas dengan fasilitas terlengkap di Bandung. Di gedung tiga lantai itu, tersedia ragam pelayanan kesehatan seperti persalinan, pemeriksaan gigi, pelayanan kesehatan khusus anak dan lainnya.

"Ini bagus sekali. Saya bangga melihat Puskesmas sekarang ini kan jauh berbeda dengan yang dulu. Di Garuda ini fisiknya kita bisa lihat, isinya, prasarananya juga sangat memadai," ucap Nila.

Selain menyediakan pelayanan medis lengkap, Puskesmas Garuda dilengkapi fasilitas penunjang yang cukup komplit. Puskesmas ini memiliki lift serta tangga ramah disabilitas.

Ada juga tempat bermain anak dan ruang konsultasi remaja. Bahkan di lantai tiga, ada aula cukup luas yang biasa digunakan untuk rapat atau menggelar kegiatan dengan jumlah peserta banyak.

"Dan yang saya lihat mereka sangat memperhatikan kemanusiaannya. Jadi ini Puskesmas ramah anak, ibu hamil, dan sebagainya. Dan dokternya kalau di kota besar tentu mencukupi. Secara nasional bagus sekali ini," ucapnya.

Nila mengapresiasi upaya Pemkot Bandung dengan sejumlah inovasi di bidang kesehatan seperti layat rawat, kendaraan konseling silih asih (Kekasih).

"Terima kasih ke Pak Wali, beliau sudah banyak sekali terobosan yang sesuai dengan peta jalan kami. Kita punya program pendekatan keluarga, di sini namanya layat rawat, mereka mendatangi warga menjemput bola dan untuk kejiwaan remaja dan banyak yang sudah Pak Wali lakukan terobosan. Motonya Pak Wali ini kita harus membuat inovasi," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2017/12/14/13463681/kunjungi-puskesmas-garuda-bandung-menteri-kesehatan-terkejut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke