Salin Artikel

Akibat Banjir di Gunungkidul, Dua Lubang Muncul di Dekat Telaga

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah lubang atau sinkhole (lubang yang terjadi karena pengikisan air yang terjadi ke dalam tanah sehingga terjadi tanah longsor ke dalam) muncul di sekitar Telaga Mboromo Dusun Trowono A, Karangasem, Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Lubang itu menyebabkan air di telaga susut hingga tersisa sepertiganya. Selain itu, lubang yang sama muncul di Padukuhan Jambu, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari.

Kepala Dusun Trowono A, Suryono, menyampaikan, hujan deras yang terjadi pada Senin (27/11/2017) hingga Selasa (28/11/2017) menyebabkan debit air di telaga meningkat, bahkan sampai meluber di sekitar telaga.

"Kemungkinan karena tidak kuat menahan air, luweng (gua vertikal) yang dahulu sempat tertutup kembali terbuka, dan muncul pusaran air," kata Suryono kepada Kompas.com, Jumat (1/12/2017).

Telaga alami yang dimanfaatkan masyarakat pada saat musim kemarau selama ini belum pernah kering. Saat ini airnya tersisa sepertiga dari total luas telaga yang memiliki luas 1 hektar.

"Setelah air susut kelihatan lubangnya, panjangnya sekitar 1,2 meter dan lebar sekitar 50 cm. Kalau sekadar susut airnya memang pernah terjadi. Namun, kalau susutnya dengan cepat seperti sekarang, ya baru saat ini," ujar dia.

Suryono mengatakan, untuk mengamankan lokasi dari masyarakat, pihaknya memasang rambu dan pagar. "Sekarang sudah dipasang rambu agar masyarakat tidak mendekat," kata dia.

Hal yang sama juga terjadi di Padukuhan Jambu, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, tepatnya di Tanah Kas Desa di dekat balai dusun yang mendadak ambles dan membentuk lingkaran sejak Kamis (30/11/2017).

Camat Tanjungsari Rahmadian Wijayanto mengatakan, setelah hujan deras yang terjadi di wilayahnya, masyarakat dikejutkan suara menggelegar dan diikuti munculnya lubang.

"Jarak satu kilometer dari lokasi terdengar suara gemuruh, dan warga mendapati lokasi sudah berlubang dengan diameter lebih kurang 6 meter," ujar Rahmadian.

Lokasi yang setiap hari digunakan warga untuk menanam ini sementara ditutup menggunakan kayu dan garis polisi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Kami akan berkoordinasi terhadap pihak terkait menyikapi masalah ini," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2017/12/02/11005261/akibat-banjir-di-gunungkidul-dua-lubang-muncul-di-dekat-telaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke