Salin Artikel

Pengemudi Taksi Konvensional Solo dapat Jaminan Kesehatan dari Pemkot

Jaminan kesehatan yang mereka terima berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dibiayai melalui APBD Kota Solo.

Menurut Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, pemberian kartu jaminan kesehatan ini diutamakan bagi pengemudi taksi konvensional yang berdomisili di Solo yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Rudy menambahkan, kartu jaminan kesehatan ini tidak hanya diperoleh para pengemudi taksi konvensional saja, namun anggota keluarga mereka juga akan ditanggung di dalamnya.

"Biarpun mereka sudah melakukan kerja sama dengan aplikasi online, namun pendapatan berkurang. Kekurangan itu solusinya kita beri jaminan kesehatan kepada mereka yang belum ikut jaminan kesehatan secara mandiri. Dan minimal lima tahun di Solo," kata Rudy di Solo, Kamis (30/11/2017).

Pemberian fasilitas jaminan kesehatan tersebut merupakan kewajiban Pemkot Solo untuk melaksanakan Inpres Tahun 2017 guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Karena mereka kan kategori orang yang tidak mampu memelihara kesehatannya. Ini kan sebetulnya rentan miskin," terang dia.

Pemkot Solo mencatat saat ini jumlah pengemudi taksi konvensional dan anggota keluarganya yang telah tercatat dalam jaminan kesehatan mencapai 206.000 jiwa.

"Kemiskinan kita kan ada 19.000 jiwa. Yang rentan miskin ini kira-kira ada 206.000 jiwa," bebernya.

"Jadi, jaminan kesehatan daerah PBI-nya bisa dari APBN/ APBD Provinsi/ APBD Kota," jelas Rudy menambahkan.

https://regional.kompas.com/read/2017/12/01/08115531/pengemudi-taksi-konvensional-solo-dapat-jaminan-kesehatan-dari-pemkot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke