Salin Artikel

Pilkada Serentak 2018, Lima Daerah di Magelang Rawan Konflik

Habib Saleh, Ketua Panwaslu Kabupaten Magelang, menyebut Kecamatan Salaman, Muntilan, dan Borobudur adalah wilayah dengan potensi konflik paling besar. Begitu juga daerah perbatasan, seperti Ngablak dan Pakis, rawan terjadi pelanggaran.

"Borobudur itu sering menjadi lokasi kampanye nasional sehingga lebih rawan dibanding daerah lain. Borobudur juga pernah ada petugas pengawas lapangan (PPL) yang dipukul, dan ada PNS tertangkap pasang gambar calon gubernur," jelas Habib, Rabu (22/11/2017).

Kasus sebelumnya di Muntilan dan Salaman, sambung Habib, pernah terjadi aksi-aksi dari kelompok masyarakat tertentu. Dua wilayah ini juga merupakan pusat perekonomian terbesar di Kabupaten Magelang.

"Di Muntilan ada komunitas tertentu yang sering menjadi sasaran organisasi massa. Dalam sejarahnya beberapa kali terjadi konflik rasial, bahkan pada Pemilihan Presiden lalu ada beberapa rumah yang dirusak massa," beber Habib.

Habib tidak memungkiri, setiap pesta demokrasi terjadi eskalasi kegiatan politik masyarakat. Hal ini yang berpotensi menimbulkan berbagai persoalan, rawan terjadinya gesekan, dan juga pelanggaran pada pelaksanaan Pemilu.

"Kami telah memetakan sejumlah titik yang kami nilai rawan terjadinya konflik. Titik tersebut kami lakukan pengawasan secara intensif dan langkah antisipatif, jangan sampai terjadi pelanggaran," ujar Habib.

Di samping itu, pihaknya juga mulai gencar mensosialisasikan pengawasan partisipatif, yakni pengawasan pemilu dengan melibatkan kelompok-kelompok masyarakat. Dengan pengawasan ini, mereka bisa ikut memantau dan melaporkan ke Panwas Kabupaten.

"Langkah selanjutnya adalah sosialisasi Pemilu Damai melalui media, pertemuan, media sosial dan sebagainya. Kami aktif keliling dan berkomunikasi dengan masyarakat," ujar Habib.

Untuk diketahui, Kabupaten Magelang secara berturut-turut akan menggelar Pemilu, mulai Pemilihan Bupati (Pilbup), Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan dilanjutkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 

https://regional.kompas.com/read/2017/11/22/17592601/pilkada-serentak-2018-lima-daerah-di-magelang-rawan-konflik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke