Salin Artikel

Ganjar Pranowo: Daripada Saling Maki, Mending Lari Sajalah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui bahwa olahraga lari menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat daripada saling memaki. Terlebih lagi, olahraga ini kini semakin banyak peminat sehingga menjadi gaya hidup.

"Daripada memaki, mending lari sajalah. Kalau kita lari, sambil piknik, maka akan bahagia. Bertemu banyak orang," kata Ganjar.

Ganjar berujar, Indonesia, termasuk Borobudur, adalah tempat sebuah harmonisasi. Oleh karena itu, melalui BJBM 2017 ini ia ingin menyampaikan pesan kultural kepada masyarakat untuk menjaga keharmonisan itu.

"Borobudur Marathon mengandung pesan kultural agar kita selalu menjaga harmoni. Kita tahu Borobudur itu lahir juga karena ada harmoni. Bagaimana candi Buddha bisa berdiri megah di tengah komunitas Muslim. Tidak pernah ada gesekan agama. Persatuan itu asyik," papar dia.

Menurut Ganjar, olahraga bisa dipadukan dengan sektor lain, seperti wisata yang kemudian dikenal dengan istilah sport tourism. Perpaduan ini dinilai menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena di samping berolahraga, mereka juga berwisata menikmati keindahan alam.

"Berbicara tentang sport tourism, maka akan ada daya tarik wisata. Dukungan kita untuk sport tourism banyak, baru saja ada sepeda Tour De Borobudur, yang itu maunya para pencinta olahraga. Nantinya olahraga bisa dikombinasi dengan pertunjukan seni budaya misalnya," ujar dia.

Pada acara lari maraton ini, Ganjar bersama sang istri, Atiqoh Ganjar, ikut berlari membaur bersama ribuan peserta lainnya pada kategori lomba 10 kilometer (10K). Guyuran hujan tak menyurutkan semangatnya untuk menyelesaikan lomba sampai garis finis. Orang nomor satu di Jawa Tengah ini mendapat nomor peserta 1001.

BJBM 2017 ini diikuti oleh 8.754 orang. Sebanyak 178 orang di antaranya berasal dari luar negeri, antara lain Kenya, Utopia, Uganda, Malaysia, Amerika Serikat, Belanda, dan Azerbaijan. Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank Jateng menggandeng harian Kompas sebagai penyelenggara event tahunan ini.

https://regional.kompas.com/read/2017/11/19/18304001/ganjar-pranowo-daripada-saling-maki-mending-lari-sajalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke