Salin Artikel

Peduli dengan Petani, Brigadir Esa Bagikan Pupuk Organik Gratis

Pupuk cair itu lalu dibagikan kepada sejumlah petani di kecamatan tersebut. Brigadir Esa menyebutkan, dia mendapat ide awal membuat pupuk itu saat melihat kelangkaan pupuk yang kerap dirasakan petani.

“Lalu saya lihat-lihat dari internet, saya coba tes, eh ternyata hasilnya bagus. Tumbuhan subur juga,” kata Brigadir Esa, Jumat (17/11/2017).

Dalam skala kecil, sambung Brigadir Esa, bahan pupuk yang digunakan yaitu gula merah satu kilogram, batang pisang yang diambil bagian tengahnya, serta dicampur tiga buah ragi tape, empat botol botol yogurt sebagai pengurai, dicampur 10 liter air.

“Batang pisang akan lebih bagus kalau yang sudah berbuah. 10 liter air itu bisa dimasukkan dalam ember,” ucap dia.

Lalu ember itu ditutup selama 10 hari, kemudian pupuk cair tersebut siap digunakan. Esa menyebutkan, penggunaan pupuk cair itu telah beberapa kali diuji coba bersama petani.

“Pupuk ini lebih baik untuk padi, cabai, dan tumbuhan kacang-kacangan, segala jenis kacang maksud saya. Dia bisa merangsang padi tumbuh sempurna, bulir yang banyak dan mengatasi hama daun dan penggerek batang,” ujar dia.

Cara menggunakannya, sambung Esa, yaitu 10 cc cairan pupuk itu dilarutkan ke dalam lima liter air. Setelah itu langsung bisa disemprotkan ke tanaman padi.

Dia menyebutkan, untuk ternak bisa juga digunakan. Pupuk ini disemprotkan ke pakan ternak. Gunanya untuk merangsang pertumbuhan daging ternak dan mencegah penyakit yang diidap ternak.

Saat ditanya apakah sudah diuji di laboratorium, Esa menyebut belum pernah mengujinya ke laboratorium. “Tapi saya sudah uji di tanaman sendiri, saya uji di cabai dan kacang. Aman kok untuk dikonsumsi cabai dan kacangnya,” tutur dia.

Dia berharap ke depan akan memproduksi secara massal pupuk cair tersebut. Semua biaya produksi selama ini menggunakan uang gajinya sebagai personel polisi.

“Hanya ini yang bisa saya bagikan ke masyarakat, semoga bermanfaat,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman mengapresiasi kegiatan Brigadir Esa. Dia merasa bangga memiliki personel yang mengabdi kepada petani.

“Tentu itu kebahagiaan kita, saya bangga kepadanya dan semoga ini bermanfaat untuk petani,” ujar AKBP Hendri.

https://regional.kompas.com/read/2017/11/17/15020211/peduli-dengan-petani-brigadir-esa-bagikan-pupuk-organik-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke