Salin Artikel

Viral, Video Gubernur Sulbar Salah Baca Teks Pancasila

Sejumlah warganet membela gubernur dan menganggap hal tersebut manusiawi. Sebagian lain mencibir dan menganggap hal tersebut tidak wajar.

Bahkan, ada yang berkelakar bahwa Gubernur Sulbar tidak layak mendapat hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.

Dalam video berdurasi 40 menit itu, mantan Bupati Polewali Mandar dua periode itu tampak melakukan kesalahan dalam membaca teks Pancasila.

Sila kedua, misalnya, yang isinya "kemanusiaan yang adil dan beradab” tertukar dengan sila kelima “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".

Anehnya, kekeliruan ini dibiarkan ratusan peserta upacara yang juga dihadiri sederet pejabat di lingkup Pemprov Sulbar. Para peserta tampak mengikuti pembacaan teks Pancasila yang urutannya keliru itu.

Pejabat Humas Pemprov Sulbar, Dian Afrianti, yang dimintai konfirmasi terkait video tersebut hanya mengirim pernyataan Sekretaris Daerah Pemprov Sulbar Ismail Zainuddin. Ismail menegaskan, kesalahan gubernur dalam membacakan teks Pancasila itu murni karena kekhilafan dari Gubernur Sulbar.

Ismail juga mengatakan kesalahan tersebut adalah manusiawi dan tidak ada kaitannya dengan keprotokoleran Gubernur Sulbar.

"Pak Gubernur juga manusia biasa. Biasalah beliau mungkin khilaf, tidak mungkin disengaja," kata Ismail.

https://regional.kompas.com/read/2017/11/01/12530841/viral-video-gubernur-sulbar-salah-baca-teks-pancasila

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke