Salin Artikel

Dipimpin Anies-Sandi, Jakarta Diharapkan Bisa Berbagi dengan Daerah Penyangga

Dedi mengatakan tugas baru telah menanti keduanya dan berharap Jakarta di bawah kepemimpinan Anies-Sandi mau berbagi dengan daerah tetangga.

Selama ini, menurut pria yang sudah dua periode memimpin Purwakarta itu, Jakarta hidup dari hasil jerih payah hampir seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari pemerintahan hingga politik dan keuangan, semua berpusat di Jakarta.

“Selamat untuk Pak Anies dan Pak Sandi, pemimpin Jakarta yang baru. Semoga Jakarta mau berbagi dengan tetangga. Di Jakarta mah kan serba ada, mulai dari pemerintahan, politik dan ekonomi, semua ditentukan di Jakarta,” kata Dedi di rumah dinasnya, Senin (16/10/2017).

Karena hal tersebut, Dedi menilai sudah saatnya Jakarta ikut memperhatikan daerah penyangga dan daerah tetangganya.

Ia mencontohkan, Purwakarta menjadi daerah penjaga aliran Sungai Citarum dan mencegah banjir di daerah utara, termasuk Jakarta. Selain itu, selama ini Purwakarta juga menjadi pemasok air minum untuk daerah Jakarta via Waduk Jatiluhur.

“Kalau seperti ini kan Jakarta harus bekerja sama untuk menjaga hutan di daerah hulu Sungai Citarum, ikut menjaga konservasinya karena Jakarta ikut berkepentingan. Air minum juga kan dari kita di Purwakarta via Waduk Jatiluhur,” katanya menambahkan.

Terkait mobilitas orang dan barang pun, pria yang kini selalu mengenakan peci hitam, kemeja putih lengkap dengan celana jins itu memberikan usul. Menurut dia, kantong-kantong pertumbuhan di sekitar Jakarta harus mulai dibuka untuk mencegah penumpukan orang dan barang.

“Terminal itu harus ditaruh di daerah luar Jakarta. Pasar induk juga. Saya kira ini membantu meringankan beban Jakarta. Kemacetan tidak akan separah sekarang jika ini dilakukan,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/10/16/16362231/dipimpin-anies-sandi-jakarta-diharapkan-bisa-berbagi-dengan-daerah-penyangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke