Salin Artikel

Ketua MPR: 3 Tahun Jokowi-JK, Infrastruktur Bagus, tetapi Warga Susah

Namun, menurut dia, ironisnya, selama itu pula banyak warga yang susah karena pendapatan tidak meningkat dan biaya kebutuhan kian mahal.

"Tiga tahun Jokowi-JK, banyak yang sudah dicapai antara lain infrastruktur paling tinggi. Tapi ada catatan saya sebagai pendukung pemerintah mengenai lapangan pekerjaan, banyak lulusan sarjana dan SMA belum dapat pekerjaan," ungkap Zulkifli usai menjadi pembicara dalam seminar penyerapan aspirasi penguatan kejaksaan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Selasa (10/10/2017).

"Yang kedua, kesejahteraan masyarakat menurun. Kenapa dulu ada lembur sekarang enggak ada lagi? Dulu penghasilan tambahan sekarang berkurang sementara harga meningkat, sembako kebutuhan pokok, seperti garam, gula, beras, dan lain-lain meningkat. Harga listrik dan gas meningkat sehingga banyak keluhan karena pendapatan menurun pengeluaran meningkat," tambahnya.

Selama itu pula, lanjut Zulkifli, kegaduhan kerap terjadi, entah terkait isu agama, suku ataupun ras.

"Saya ajak semuanya. Setelah reformasi kok kita terasa Merah Putih mulai koyak. Kalau bukan kelompoknya, (terhadap) lawannya, saling menista, mencaci, gaduh, resah dan seterusnya. Saya mengajak, mari kita menjahit kembali merah putih kita harus bersatu agar kegaduhan saling curiga menista mari kita akhiri. Kita adalah bersaudara," ungkapnya.

Zulkifli menegaskan, Indonesia memiliki Pancasila menjadi dasar negara. Oleh karena itu, Pancasila harus dipahami, dimaknai dan dilaksanakan.

"Kita ini punya Pancasila. Kalau berbohong tak punya karakter, berarti ingkar terhadap pancasila. Saya berharap gemerasi muda punya karakter kejujuran memiliki ilmu sehingga punya prediksi apa yang terjadi pada waktu mendatang. Karakter bohong, menista, ribut soal agama dan suku itu, kuno ketinggalan jaman," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/10/10/17000071/ketua-mpr--3-tahun-jokowi-jk-infrastruktur-bagus-tetapi-warga-susah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke