Salin Artikel

Gempa Bumi di Lembata, 671 Warga Mengungsi

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday mengatakan, warga mengungsi karena panik dengan gempa bumi tektonik.

"Saat ini ada 18 kepala keluarga (57 jiwa) tertampung di rumah jabatan bupati Lembata yang lama, sedangkan 93 kepala keluarga (453 jiwa) ditampung di kantor Camat Ile Ape,"kata Thomas kepada Kompas.com, Selasa siang.

Sementara itu lanjut Thomas, sebanyak 161 warga lainnya ditampung di Kantor Camat Ile Ape Timur. Menurut Thomas, akibat gempa bumi yang terjadi pada dinihari dan pagi tadi menyebabkan lima unit rumah warga rusak.

"Untuk Kecamatan Ile Ape terdapat empat rumah yang rusak dan semua berada di desa Bungamuda. Sementara di Kecamatan Ile Timur baru terdata satu rumah yang rusak di Desa Lamawolo," sebutnya.

Rumah warga yang rusak itu lanjut Thomas, akibat tertimpa bebatuan. Ada juga yang retak karena guncangan gempa.  "Hampir semua desa di lereng gunung Ile Lewotolok beberapa rumah warga terkena batu. Tim Tagana sedang mendata,"ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak tiga kali gempa bumi mengguncang Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Akibatnya, warga setempat lari berhamburan keluar rumah.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Hasanudin mengatakan, tiga kali gempa bumi terjadi pada pukul 02.19 Wita dan pukul 02.27 Wita serta pukul 06.23 Wita.

Hasil analisis BMKG lanjut Hasanudin, menunjukan gempa bumi yang terjadi berkekuatan Magnitudo 4.3 Skala Richter (SR) dan Magnitudo 4.6 SR serta Magnitudo 4,9 SR.

https://regional.kompas.com/read/2017/10/10/16104001/gempa-bumi-di-lembata-671-warga-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke