Salin Artikel

Sapinya Tewas, Pria Ini Sewa Pembunuh Bayaran

Kasus ini berawal saat pihak polisi menerima laporan dari pria berinisial M, warga Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara dua bulan lalu. Dalam laporan itu, M menyebutkan dirinya diancam oleh seseorang yang berinisial AS, warga Desa Jamuan, Kecamatan Nisam, Aceh Utara akan membunuh dirinya.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Utara, AKP Budi Nasuha Waruwu, Selasa (10/10/2017) menyebutkan setelah menerima laporan itu, polisi membentuk tim khusus untuk memantau pergerakan pelaku.

“Dua bulan lalu itu sudah dilaporkan. Dari situlah, kita ikuti dan terus monitor gerakan pelaku ini. Percobaan pembunuhan ini kita pantau terus, sampai pada kesimpulan kita menangkap pelaku AS,” katanya.

Dari barang bukti yang ditemukan, ternyata AS telah menerima uang Rp 3 juta dari total Rp 10 juta yang dijanjikan dalang intelektual rencana pembunuhan yakni IS dan SP. “Kita pantau sampai kita temukan barang bukti yang kuat dalam kasus ini. Begitu kita temukan barang bukti penerimaan uang itu,alat bukti kita cukup, baru kita tangkap,” terangnya.

Dia menyebutkan, dari interograsi ketiga tersangka yang ditangkap diketahui ternyata uang yang dijanjikan yaitu Rp 20 juta, bukan Rp 10 juta dari pemberitaan sebelumnya.

Bahkan, sambung AKP Budi, dalang utama rencana pembunuhan itu yakni pria berinisial A, yang kini masih buron. “A ini lah yang meminta AS, SP dan IS untuk membunuh M. Upahnya Rp 20 juta. Dia minta M dibunuh dengan cara ditembak,” kata Budi.

Dia menambahkan, motifnya A, karena sapinya tewas di kebun milik M. Dia menduga M ini membunuh sapi miliknya. “Sekarang ini, kita buru A ini sampai ketemu,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, polisi menangkap AS, yang berencana membunuh M dengan upah sebesar Rp 10 juta. Dari jumlah itu, AS sudah menerima Rp 3 juta dari IS dan SP. Sisanya akan dibayarakan setelah M terbunuh. Namun, belakangan penyidik menemukan nama baru dalam kasus itu yaitu pria berinisia A. Saat ini, kasus itu masih ditangani Polres Lhokseumawe.

https://regional.kompas.com/read/2017/10/10/15120011/sapinya-tewas-pria-ini-sewa-pembunuh-bayaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke