Salin Artikel

Pura Besakih Akan Gelar Upacara Purnama Kapat di Lereng Gunung Agung

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan, jika umat merasa aman dipersilahkan tetap menggelar upacara purnama kapat. Kecuali jika Gunung Agung sudah meletus.

"Jika sudah meletus ya jangan dilaksanan di sana. Jika sekarang ya kami persilahkan untuk digelar asalkan merasa aman," jelas Pastika, Selasa (3/10/2017).

Sementara itu Jro Mangku Lingsir Sueca (79), pemangku Pura Besakih kepada Kompas.com mengatakan, upacara akan tetap digelar seperti tahun sebelumnya namun tidak mengundang siapapun. Upacara hanya dilaksanakan oleh internal di Desa Adat Besakih.

Sueca mengatakan, saat upacara purnama kapat, umat akan berdoa dan meminta keselamatan serta status gunung menurun sehingga mereka bisa kembali beraktivitas normal seperti biasanya.

"Kami tetap menghargai zona merah yang telah ditetapkan pemerintah, tapi kami juga harus menggelar upacara di Pura Besakih. Diharapkan nanti umat Hindu juga beribadah di tempat tinggal atau pengungsian agar Gunung Agung tidak jadi meletus," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/10/03/10113251/pura-besakih-akan-gelar-upacara-purnama-kapat-di-lereng-gunung-agung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke