Salin Artikel

Diserang Burung, Pesawat Air Asia Mendarat Darurat

Pesawat tersebut putar arah dan mendarat darurat setelah ditabrak sejumlah burung. Bahkan beberapa ekor burung masuk ke dalam salah satu mesin. 

Junior Manager Branch Communication Bandara Kualanamu Abdi Negoro mengatakan, kejadian terjadi Selasa (26/9/2017). Ia menceritakan, setelah pesawat lepas landas, tak lama terjadi insiden serangan burung atau bird strike.

"Seluruh penumpang dan awak pesawat selamat. Mereka dievakuasi ke ruang tunggu gate 4, sementara pesawat menjalani pemeriksaan. Bird strike terjadi pada engine nomor dua. Kerusakan pada fan blade nomor 16 dan 17," ungkap Abdi, Rabu (27/9/2017).

Akibat kejadian ini, penerbangan pesawat dibatalkan. Penumpang diberi pilihan pengembalian uang tiket atau berangkat dengan pesawat yang sama pada keesokan harinya. Setelah melalui pemeriksaan dan perbaikan, pesawat akhirnya diberangkatkan pada Selasa pagi. 

"Pesawat dengan registrasi PKAXU, berangkat dari Kualanamu menuju Penang pada pukul 05.43 WIB," kata Abdi.

Diserang Lebah Madu

Lima hari sebelumnya, tepatnya Jumat (22/9/1017), kehebohan terjadi di Bandara Kualanamu. Ribuan lebah madu menyerang pesawat Citilink QG-885 yang tengah parkir di avron dan bersiap-siap terbang menuju Batam.

Tak hanya berkerumun, ribuan lebah itu membuat sarang di bagian sayap kanan pesawat.

“Kami belum dapat memastikan apa penyebab ujung sayap pesawat dikerubungi lebah. Ini fenomena baru, pertama kali terjadi,” kata Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto.

Pihak Angkasa Pura II Bandara Kualanamu langsung menurunkan petugas kebersihan untuk membersihkan lebah yang menempel di pesawat milik anak perusahaan Garuda tersebut.

"Serangan lebah ini masih diselidiki, kita juga melakukan pencegahan supaya tidak terulang kembali. Saat ini Citilink telah kembali normal dan sudah terbang kembali,” ucap Wisnu.

https://regional.kompas.com/read/2017/09/27/23594621/diserang-burung-pesawat-air-asia-mendarat-darurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke