Salin Artikel

Mensos: Logistik untuk Pengungsi Gunung Agung Cukup

Hingga kini, pemerintah sudah menyalurkan separuh dari dari 100 ton beras yang termasuk cadangan beras pemerintah (CBP) kepada para pengungsi.

"Kami terus melakukan update data jumlah pengungsi dan titik pengungsian yang kian bertambah. Saya ingin sampaikan bahwa Insya Allah logistik dalam jumlah yang sangat cukup," katanya seusai menghadiri Jambore Kampung Siaga Bencana (KSB) se-DIY tahun 2017 di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Pundong, Bantul, Sabtu (23/9/2017) petang.

Politisi PKB ini mengatakan, jika nantinya jumlah beras kurang, maka Gubernur Bali bisa mengeluarkan SK darurat untuk mengeluarkan 200 ton beras CBP.

"Ini (logistik) harus terdistribusi di sentra-sentra pengungsian. Tapi kan pergerakan titik-titik (Pengungsi) itu kemungkinan akan terus bertambah. Pusat informasi terus melakukan update data," ujarnya.

Kemensos juga telah mengirim tim Layanan Dukungan Psikososial dari Bali, Jatim dan Jakarta. Para petugas ini nantinya akan memberikan pendampingan para pengungsi khusus psikososial karena sangat mungkin para pengungsi ini tertekan psikologinya.

Hal ini mungkin terjadi karena para pengungsi memikirkan harta benda yang ditinggalkan seperti hewan ternak yang belum dievakuasi hingga tanaman yang siap panen.

"Di antara mereka mungkin punya tanaman siap petik, siap panen, ternak yang tidak terbawa, sangat mungkin mengganggu ketenangan mereka di tempat pengungsian. Makanya setelah mereka sampai di pos pengungsian, pada saat itu juga harus dilakukan proses konseling," tuturnya.

Khofifah pun meminta kepada semua pihak untuk ikut membantu para pengungsi.

"Jikalau ada kesempatan ke sana secara fisik kita (ke sana), jikalau punya kesempatan membantu kebutuhan logistik kita lakukan, dan jikalau keduanya belum memungkinkan kita bantu dengan memohon kepada Allah," ucapnya.

Tak lupa dia mengingatkan jika di Indonesia merupakan wilayah yang terdampak bencana.

"Apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DIY, terutama relawan-relawan KSB (Kampung Siaga Bencana) yang luar biasa, Tagana DIY yang sangat tangguh bisa menjadi referensi strategis bagi seluruh KSB dan Tagana lain di seluruh Indonesia," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/09/23/23065091/mensos-logistik-untuk-pengungsi-gunung-agung-cukup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke