Salin Artikel

Gangguan Jiwa, Mantan Pegawai Pos Dipasung di Gubuk Selama 20 Tahun

Di dalam sebuah gubuk kecil dengan ukuran sekitar 1,5 meter x 1,5 meter, La Mane hanya terbaring sambil memejamkan matanya tanpa mengenakan baju. Kedua kakinya dipasung oleh kedua balok besar dengan dua lubang berdiameter 40 centimeter x 40 centimeter.

Dewi, keponakan La Mane, mengatakan, awalnya pamannya sehat, bahkan sempat bekerja di kantor Pos Kota Baubau. Keluarganya menduga, La Mane menderita gangguan mental karena terkena ilmu hitam.

“Dia suka mengamuk dan ganggu warga sekitar, saya dengar langsung dipasung begini oleh saudaranya. Ini sudah sekitar 20 tahun lalu,” kata Dewi, Selasa (12/9/2017).

La Mane dipasung di dalam gubuk kecil yang berdindingkan atap seng. Beberapa kayu penyangga gubuknya terlihat sudah mulai dimakan rayap.

“Setiap pagi, nenek saya yang datang bawakan makanan untuk dia (La Mane),” ujarnya.

Dewi menambahkan, sampai saat ini belum ada penanganan dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk memeriksa dan melihat langsung kondisi pamannya.

“Kami dari keluarga hanya berharap ada dari bantuan dari pemerintah jika paman saya hendak mau dibawa ke rumah sakit jiwa,” harap Dewi.

Sementara itu, Lurah Liabuku, Nikolaus Uling, mengatakan, kelurahan pernah meminta bantuan dari Dinas Sosial Pemerintah Kota Baubau. Namun ia mendapat jawaban tidak ada bantuan untuk penderita sakit jiwa.

https://regional.kompas.com/read/2017/09/12/18202561/gangguan-jiwa-mantan-pegawai-pos-dipasung-di-gubuk-selama-20-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke