Salin Artikel

Mendagri Kirim 6.500 Mahasiswa Unnes ke "Barak Tentara" Magelang

Ribuan mahasiswa itu bakal dididik dan dibimbing langsung oleh para tentara selama tiga hari di Kompleks Rindam IV Diponegoro di Magelang. Ribuan mahasiswa itu diberangkatkan menggunakan puluhan truk milik Kodam.

"Selaku Mendagri, saya melepas secara resmi pelatihan bela negara selama tiga hari ke depan," kata Tjahjo di Lapangan Unnes Semarang, Jumat (8/9/2017).

Program bela negara ditujukan kepada para generasi muda. Beberapa kampus negeri sudah mengadakan program ini. Umumnya, para mahasiswa dididik untuk menghadapi persaingan dan kompetisi global dengan nilai kebangsaan dan wawasan kebangsaan.

Tjahjo mengatakan, bela negara di Rindam IV Diponegoro bukan untuk mempersiapkan anak didik angkat senjata. "Ikut dipahami bahwa bela negara sebagai wujud mempertahankan kedaulatan bangsa," ujarnya.

Kepada mahasiswa, Mendagri menyampaikan pesan dari Bung Karno agar mahasiswa mempunyai imajinasi dan impian. Melalui dua entitas itu, mahasiswa akan berani bertindak.

"Bung Karno mengatakan, tiap manusia harus punya imajinasi dan impian. Dengan itu manusia mampu menciptakan konsepsi-konsepsi untuk keberanian bertindak," kata politikus PDI-P ini.

Dia juga mengutip pendapat Panglima Besar Jenderal Soedirman. Mahasiswa nantinya harus dapat melawan siapa saja yang berniat mengubah ideologi bangsa.

"Jenderal Sudirman mengatakan, kejahatan merajalela kalau orang baik diam diri. Mahasiswa ini harus berani menentukan sikap, siapa lawan dan kawan, siapa yang ganti Pancasila, NKRI, mengubah UUD 45, itu lawan kita," tuturnya.

Hadir dalam pelepasan itu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Rektor Unnes Faturrokhman, serta pimpinan di kampus terkait. 

https://regional.kompas.com/read/2017/09/08/16302961/mendagri-kirim-6500-mahasiswa-unnes-ke-barak-tentara-magelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke