Salin Artikel

Redam Konflik di Intan Jaya, 100 Personel Brimob Diterbangkan ke Papua

Pasukan tiba di Bandara Timika hari ini sekitar pukul 07.30 WIT dengan menggunakan pesawat Lion Air dari Makassar.

Kabag Ops Polres Mimika I Nyoman Punia mengatakan, pasukan Brimob Polda Sulsel akan segera diberangkatkan bertahap ke Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya, besok Jumat.

"Selanjutnya mereka akan diberangkatkan secara bertahap ke Intan Jaya mengingat pesawat yang bisa terbang ke sana hanya pesawat berukuran kecil," kata Punia.

Konflik kembali pecah di Sugapa Rabu (30/8/2017), setelah putusan Mahkamah Konstitusi yang menyidangkan sengketa Pilkada di daerah itu.

Massa pendukung cabup-cawabup yang dinyatakan kalah menutup akses Bandara Sugapa. Mereka bahkan membakar kantor pemerintahan setempat. Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar lalu mengimbau massa menahan diri dan tidak anarkistis.

Polisi hingga kini terus berupaya menenangkan massa cabup-cawabup nomor urut dua itu agar menerima hasil putusan MK dengan jiwa yang besar.

Majelis hakim MK dalam keputusannya pada Senin (28/8/2017) menetapkan Pilkada Intan Jaya dimenangkan oleh pasangan nomor urut tiga yaitu Naftalis Tabuni-Yan Robert Kobogoyauw. Karena itu, keduanya ditetapkan sebagai Bupati-Wakil Bupati Intan Jaya terpilih periode 2017-2021.

https://regional.kompas.com/read/2017/08/31/12223321/redam-konflik-di-intan-jaya-100-personel-brimob-diterbangkan-ke-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke